Prestasi Tim ITB dalam Penganugerahan Mandiri Young Technopreneur 2011

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Tim ITB berhasil meraih juara pertama dalam program Mandiri Young Technopreneur (MYT) 2011. Perhelatan yang diprakarsai oleh Bank Mandiri tersebut dilakukan selama 3 bulan di 10 kota, yaitu Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, Denpasar dan Jayapura, dilansir dari Kompas. Penjurian tingkat nasional dilaksanakan pada 16-17 Januari 2012 di Jakarta, dengan juri dari beragam profesi, seperti jurnalis, pengusaha, akademisi, dan pemerintah.

Dua dari tiga kategori dijuarai oleh tim dari ITB, yaitu kategori teknologi energi terbarukan oleh Nurana Indah Paramita (Oseanografi 2004) dan Titus Deus Prizfelix (Teknik Pertambangan 2002). Selain itu, tim dari ITB juga memenangkan kategori pengelolaan air bersih oleh tim yang diwakili oleh Alven Haeckal (Teknik Fisika 2007).

Pencipta Lapangan Kerja

Perhelatan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) dan MYT 2011 melahirkan 26 pemenang wirausahawan, yang diumumkan di Jakarta, Jumat (20/01/12). Mereka merupakan hasil seleksi terhadap 88 finalis WMM dan MYT yang disaring dari 3.751 peserta Wirausaha Muda Mandiri dan 617 peserta Mandiri Young Technopreneur.

"Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muda untuk mampu menjadi pencipta lapangan kerja bukan menjadi pencari kerja," ujar Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini, dalam sambutan Wirausaha Mandiri pada Jumat (20/01/12), seperti yang dikutip dari Antaranews.

Menurutnya, program wirausaha ini layak dijadikan program unggulan karena mampu mengubah cara pandang mahasiswa tentang wirausaha. Program tersebut juga menjadikan sektor UMKM sebagai sektor idaman untuk berkarya, meningkatkan kualitas dan jumlah pengusaha kecil. "Kami optimis program WMM dan MYT, akan semakin menginspirasi generasi muda untuk menjadi pencipta lapangan kerja yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Sumber foto: Antaranews

scan for download