Pesona Ramadan Masjid Al Ikhlas Rektorat ITB: Memaksimalkan Ibadah dan Doa di Bulan Suci

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor -

Dr. Yedi Purwanto, M.Ag. (ITB/M. Naufal Hafizh)

BANDUNG, itb.ac.id - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Al Ikhlas Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar pengajian “Pesona Ramadan”, Senin (18/3/2024). Kegiatan ini menghadirkan Dr. Yedi Purwanto, M.Ag., dosen dari Kelompok Keilmuan Ilmu-ilmu Kemanusiaan, Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), yang juga Pengurus YPM Salman ITB, sebagai pembicara.

Dr. Yedi Purwanto dalam ceramahnya menyampaikan pentingnya memanfaatkan momentum bulan Ramadan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Beliau menyampaikan bahwa bulan Ramadan adalah salah satu bulan istimewa karena bulan dikabulkannya doa-doa. Namun, selain berdoa, perlu upaya-upaya lain agar doa tersebut dikabulkan.

Beliau menyampaikan tiga syarat agar doa dikabulkan oleh Allah SWT, yakni:

1. Melaksanakan perintah Allah SWT

Manusia harus melaksanakan perintah Allah seperti salat, saum Ramadan, zakat, dan sebagainya, serta menjauhi larangannya. “Salah satunya adalah menahan hawa nafsu,” ujarnya.

Ketika nafsu tidak dapat dikendalikan, hal itu dapat mencelakai manusia itu sendiri. Namun, ketika hawa nafsu dapat diatasi, imbalannya manusia dapat masuk surga.

2. Berdoa dengan beretika

Beliau mengatakan, berdoa harus dengan etika dan dengan penuh ketulusan. Tuhan pun akan memberikan yang terbaik bagi hambanya.

3. Yakin doa akan diijabah dan berjuang dengan sungguh-sungguh

Ketika seseorang beriman, maka dia harus yakin bahwa Allah SWT akan mengijabah doa-doanya. Setelah berdoa dan yakin, maka manusia harus berusaha bersungguh-sungguh.

Dalam bekerja, manusia pun dapat sekaligus mendapatkan pahala dengan meniatkannya sebagai ibadah.

Berbagai upaya lain yang dapat dilakukan agar doa diijabah seperti bersedekah, memperbanyak ibadah sunah, membaca Al-Qur'an maupun tadarus, menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, dan sebagainya.

Dengan memaksimalkan ibadah dan doa di bulan Ramadan, semoga kita dapat meraih pahala yang berlimpah dan menjadi pribadi yang lebih baik.


scan for download