Peserta KKN ITB 2023 Ikuti Outbound, Antusias Ikuti Latihan Disiplin, Solidaritas, dan Daya Juang

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Bandung (ITB) 2023 mengikuti kegiatan outbound sebagai tahap praimplementasi di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jasmani Dinas Pendidikan Angkatan Darat (Pusdikjas Disjasad), Kota Cimahi, selama tiga hari pada tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.

Kegiatan tersebut disambut dengan antusiasme peserta dengan disiplin mengikuti pelatihan fisik dan mental sebelum berangkat ke Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Seluruh peserta terdiri atas 15 kelompok. Mereka terbagi dalam beberapa tema KKN ITB 2023 yang meliputi air bersih, sanitasi, pertanian, kelembagaan, desa wisata, bisnis, infrastruktur, energi, irigasi, dan dua kelompok kolaborasi.

Direktorat Kemahasiswaan ITB merancang program outbound sebagai bagian dari persiapan mahasiswa menghadapi tantangan KKN di lokasi tugas. Dengan outbound, diharapkan adanya peningkatan jiwa daya juang, disiplin, dan solidaritas dari peserta.

Kegiatan outbound KKN ITB 2023 setiap harinya dimulai pukul 04.00 WIB dengan agenda ibadah dan apel pagi. Setelah itu, mereka dilatih untuk menguasai salah satu jenis olahraga dan keterampilan, meliputi pasukan pengibar bendera, senam tongkat, senam balok, dan bela diri militer. Kegiatan tersebut berlangsung hingga soredan dipantau ketat pelatih militer.

Adapun kegiatan malam hari diisi dengan pengarahan materi serta apel malam. Dalam hal ini, Peserta KKN ITB 2023 diberikan kesempatan belajar dan berkembang terkait kepemimpinan.

Pada tanggal 22 Juli 2023, peserta mendapatkan pengalaman tidak terlupakan karena merasakan sensasi meluncur dengan snapling ala militer. Kegiatan ini berhasil membuat peserta berhasil mengatasi rasa takutnya.

Salah seorang peserta, Gilang Arditya, mengaku terkesan mengikuti outbound KKN ITB 2023. Dia mengatakan, "Sewaktu naik tangga mau meluncur agak seram karena tinggi banget, tapi ketika meluncur sangat seru bisa merasakan sensasi terbang."

Melalui kegiatan outbound yang intens dan penuh disiplin tersebut, diharapkan peserta KKN ITB 2023 semakin siap menghadapi tantangan pelaksanaan implementasi KKN di Desa Cimarga. Dengan demikian, setiap kelompok memiliki semangat kebersamaan, disiplin, dan bekal berharga untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat di wilayah tugas mereka.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download