Penutupan KKN Tematik 2023 di Kabupaten Sumedang, Perkuat Kontribusi ITB ke Masyarakat

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


SUMEDANG, itb.ac.id – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2023 resmi ditutup pada Kamis (17/08/2023) di Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 25 hari, tepatnya dimulai sejak 24 Juli 2023. Acara penutupan ini dihadiri oleh Camat Cimanggung, sebagai Perwakilan Bupati Sumedang, Dikdik Syeh Rizki, S.Sos., M.Si.; perwakilan Direktorat Kemahasiswaan ITB, Dr. Epin Saepudin, M.Pd.; Kepala Desa Cimarga, Opan Sopandi; mahasiswa peserta KKN ITB, serta warga Desa Cimarga.

Acara ini diawali dengan penampilan tari umbul-umbul dari warga Desa Cimarga untuk menyambut kedatangan perwakilan dari Bupati Sumedang dan pihak ITB.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana KKN ITB 2023, Hilmy Taqiyuddin, menyampaikan rasa bangganya terhadap semangat dan dedikasi para peserta. “Kalian tidak hanya menemukan tantangan tetapi juga saudara, keluarga, dan pengalaman baru. Bersama-sama kalian berhasil menciptakan perubahan yang lebih besar,”ujarnya.

Lalu Kasubdit Organisasi Mahasiswa dan Pengembangan Prestasi Mahasiswa, Dr. Epin Saepudin, M.Pd., memberikan apresiasi kepada para peserta KKN Tematik tahun ini. “Kami percaya adik-adik semua memiliki pengalaman luar biasa dan potensi untuk menjadi pemimpin yang bisa berkontribusi langsung di lapangan,”ucapnya.

Sementara itu, Dikdik Syeh Rizki, sebagai perwakilan Bupati Sumedang, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa ITB karena telah memberikan banyak kontribusi kepada masyarakat selama masa KKN ini.

“Mahasiswa KKN ITB ini telah memberikan kegiatan yang nyata, sesuai dengan judul Kuliah Kerja Nyata. Hanya tiga minggu, tetapi bisa memberikan 15 hasil yang nyata. Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih,” tutur Dikdik.

Program KKN ITB ini dibagi menjadi 2, yaitu Tematik dan Kolaborasi. Melalui kegiatan KKN Tematik ITB 2023, mahasiswa ITB dari berbagai jurusan yang terbagi menjadi 15 kelompok dan 9 tema ini berhasil mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Berikut juga melakukan kolaborasi dengan warga setempat sehingga mencapai tujuan sesuai dengan tema yang diusung masing-masing kelompok, antara lain:
1. Kelompok 1 Sanitasi dalam pembangunan MCK dan sistem pengolahan limbah on site
2. Kelompok 2 Sanitasi dalam pembangunan sarana MCK Masjid An-Nur
3. Kelompok 3 Desa Wisata dalam aktivasi ruang publik Bumi Perkemahan Cimarga, meliputi pembangunan gapura, pendopo, tempat penampungan air, dan plang jalan
4. Kelompok 4 Desa Wisata dalam optimalisasi potensi bisnis desa melalui agrowisata kopi
5. Kelompok 5 Infrastruktur dalam rekonstruksi Masjid An-Nur
6. Kelompok 6 Air Bersih dalam pembangunan bak reservoir air bersih dan jaringan pipanisasi
7. Kelompok 7 Air Bersih dalam pembangunan bak reservoir filterisasi dan revitalisasi bak penampungan air
8. Kelompok 8 Bisnis dalam optimalisasi potensi bisnis desa
9. Kelompok 9, 10, dan 11 Energi dalam pembangunan dan revitalisasi penerangan jalan umum
10. Kelompok 12 Irigasi dalam optimalisasi infrastruktur irigasi
11. Kelompok 13 dan 14 Pertanian dalam optimalisasi pengolahan limbah pertanian dan peternakan
12. Kelompok 15 Kelembagaan dalam revitalisasi kelembagaan desa

Puncak acara ditandai dengan pelepasan secara simbolis oleh Kepala Desa Cimarga. Sebagai bentuk apresiasi, cinderamata pun diberikan kepada pihak-pihak yang telah mendukung agenda ini berlangsung dengan lancar.

Dengan ditutupnya KKN Tematik ITB 2023 di Desa Cimarga, Kabupaten Sumedang, kolaborasi antara mahasiswa, perguruan tinggi, dan pihak desa telah berhasil mengukuhkan arti pentingnya kerja bersama untuk menciptakan perubahan nyata dan berkelanjutan.

Reporter: Nada Raudah Mumtazah (Teknik Kelautan, 2021)


scan for download