Pembinaan Terpusat Asrama ITB: "Berpikir, Berkarya, Untuk Indonesia"

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Dok. Arsip Asrama ITB

BANDUNG, itb.ac.id - Asrama ITB kembali menggelar kegiatan Pembinaan Terpusat Februari (PT Februari) pada Sabtu (24/02/2024) dan bertempat di ITB Kampus Jatinangor. Kegiatan yang diikuti oleh kurang lebih 800 mahasiswa tersebut merupakan bagian dari program pembinaan karakter bagi mahasiswa baru, terutama bagi mahasiswa yang merupakan penghuni asrama ITB, dan mahasiswa KIP-K serta Afirmasi.

Rangkaian kegiatan PT Februari 2024 dilaksanakan oleh seluruh Tutor Asrama ITB periode 2023/2024 yang berjumlah 108 tutor dan dibantu oleh 7 Asisten Asrama ITB. Persiapan kegiatan ini telah dilakukan sejak Januari 2024. Di dalamnya mencakup pengemasan cerita tentang Kerajaan Wiranegara yang melanjutkan dari Program Pengembangan Karakter dan Motivasi (PPKM) ITB 2023, yang disajikan dalam rangkaian kabaret oleh Tutor Asrama ITB.

Dengan tema "Berpikir, Berkarya, Untuk Indonesia", PT Februari 2024 memperkenalkan nilai-nilai AIR ITB (Adaptif, Integritas, Rendah Hati) serta nilai-nilai asrama sebagai living and learning community.

Melalui tagline "Berpikir, Berkarya, untuk Indonesia", kegiatan ini mengusung delapan nilai utama, antara lain creative thinking, critical thinking, communication skill, dan growth mindset dalam kata "berpikir", serta nilai pelopor, pengabdian, teladan, dan mandiri dalam kata "berkarya".

Ketua PT Februari 2024, Muhammad Agung (TF'22) menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak hanya bertujuan sebagai pembinaan karakter, tetapi juga sebagai motivasi tambahan bagi mahasiswa baru.

Dok. Arsip Asrama ITB

”Pelaksanaan PT Februari 2024, selain sebagai satu satunya pembinaan terpusat program pembinaan karakter bagi mahasiswa baru ITB, juga diharapkan dapat memberikan motivasi tambahan kepada mahasiswa baru untuk menghadapi kegiatan perkuliahan serta dapat menerjunkan diri untuk membantu masyarakat," ujarnya.

"Tujuannya adalah agar mahasiswa baru dapat beradaptasi lebih baik dan mengoptimalkan potensi akademik mereka, serta mengasah soft skill yang diharapkan akan berguna untuk masyarakat di masa yang akan datang nanti,” sambungnya.

Kegiatan PT Februari tahun ini diselenggarakan secara luring dengan melibatkan sekitar 800 peserta. Para peserta dibagi ke dalam pos-pos yang tersebar di Kampus Jatinangor. Masing-masing pos membawakan nilai-nilai yang menjadi fokus pembinaan dengan menghadirkan permainan-permainan yang dirancang untuk menghadirkan tantangan yang memerlukan penerapan nilai-nilai tersebut dalam setiap tindakan.

Dok. Arsip Asrama ITB

Para peserta kemudian diajak untuk berinteraksi, bekerja sama, dan saling mendukung satu sama lain dalam menyelesaikan setiap tugas.

Tidak hanya itu, PT Februari juga memberikan pengalaman berharga dalam menerapkan nilai-nilai yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Para peserta diharapkan dapat menjadikan nilai-nilai tersebut sebagai panduan dalam setiap langkah mereka selama di lingkungan asrama maupun dalam kehidupan kampus.

PT Februari 2024 tidak hanya menjadi wadah pembinaan karakter, tetapi juga sebagai momen penting bagi mahasiswa baru untuk merasakan atmosfer kebersamaan dan pengalaman berharga dalam menjalani kehidupan kampus. Asrama ITB berharap PT Februari 2024 dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan pribadi dan akademik para pesertanya serta meningkatkan kontribusi ITB dalam pembangunan bangsa.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download