Pameran Open House Unit 2009

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Sebagai penutup rangkaian acara Pengenalan Ruang dan Orientasi Keluarga Mahasiswa (PROKM) ITB, disuguhkan pameran Open House Unit 2009. Dalam kesempatan OHU kali ini, diangkat tema 'Buku, Pesta, dan cinta'. Buku menggambarkan kehidupan akademik mahasiswa ITB. Pesta melambangkan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan kuliah, sedangkan Cinta menunjukkan bahwa mahasiswa ITB, selayaknya seperti mahasiswa pada umumnya yang sedang menapaki indahnya masa remaja.

Pameran ini diselenggarakan pada Minggu (16/08/09) bertempat di Kampus ITB. Tercatat 84 sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) turut berpartisipasi. Selain dalam bentuk stand, UKM juga berunjuk gigi lewat penampilan di panggung. Dalam kesempatan OHU, juga disosialisasikan sistem pembuangan sampah yang tepat, dengan menggunakan tiga kantong. Sampah dipiahkan dalam kantong 'Mudah Membusuk', 'Sulit Membusuk', dan 'Sampah Kertas'.

Unit Baru

Beberapa unit baru juga turut aktif berkecimpung ditengah aktifitas unit-unit lama. Sebagai contoh, Unit Sahang ITB yang merupakan perkumpulan mahasiswa asal Bangka-Belitung. Dalam standnya, Sahang ITB berusaha untuk menarik pengunjung lewat keindahan alam dan kebudayaan dari propinsi Bangka Belitung.
Sebut saja: Pantai Parai Bangka, Muara Cerucuk, danm Pantai Bilik adalah beberapa contoh aset keindahan alam propinsi ini. Ada pula tumbuhan Simpur Siuk yang daunnya dapat digunakan sebagai bungkus lontong, serta bangunan Puncak Menumbing, tempat Soekarno ditahan oleh Pemerintah Belanda.

Turut dipamerkan pula, sandal asli masyarakat Bangka Belitung yang dinamakan Johai. Johai merupakan sandal berbahan karet yang dibuat sendiri. Konon sandal ini lahir dari seorang Cina yang bernama Baba. Juga dipertontonkan Tudung Saji, penutup khas dalam upacara adat.

Beberapa foto obyek alam:


scan for download