Pameran DKV ITB : “Menunaikan Kewajiban” Karya Tengah Semester Mahasiswa

Oleh Irfaan Taufiiqul Rayadi

Editor -

Mini Exhibition

BANDUNG, itb.ac.id - Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) ITB bekerjasama dengan Ikatan Pemuda Pemudi Desain Grafis (IPPDIG) ITB menggelar pada Senin-Selasa (10-11/4/17) di Gedung Center for Arts Design and Language (CADL) ITB Lantai I. Pameran bertajuk “Menunaikan Kewajiban” ini berlangsung dari pukul 12.00-17.00 WIB. Sebanyak 27 karya dari mahasiswa ITB, Universiti Brunei Darussalam dan mahasiswa asal Lithuania dipamerkan dalam meja panel. Pameran dibuka oleh Dr. Hafiz Aziz Ahmad, S.Sn., M.Desg selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Mini Exhbition ini digelar dalam rangka memenuhi nilai tugas Ujian Tengah Semester pada mata kuliah Graphic Design Portfolio.

Pameran ini diketuai oleh Tsalisa Kamelia (DKV 2014). Tsalisa mengaku judul pameran yang terkesan unik ini dilatarbelakangi oleh kewajiban menggelar pameran sebagai produk akhir penilaian. Karya yang dipamerkan merupakan hasil karya mahasiswa selama menempuh perkuliahan di program studi DKV. Pameran yang disiapkan dalam waktu 3 minggu ini memiliki desain dan tata letak meja panel yang variatif didukung dengan adanya lookbook profil mahasiswa, kartu nama, souvenir, dan karya 2D. Tidak jarang terdapat toples biskuit dan permen di meja panel untuk menarik minat pengunjung.

Sebanyak 6 karya mahasiswa program pertukaran pelajar asal Universiti Brunei Darussalam dipamerkan di meja panel sebelah barat, salah satunya adalah milik Hashim Abdullah. Hashim merupakan mahasiswa Bachelor of Arts jurusan Art and Creative Technology. “Mahasiswa student exchange program sangat tertarik dan antusias saat mengetahui adanya himbauan dari prodi DKV mengenai pameran ini” jelas Tsalisa. Hashim memamerkan karyanya seperti logo, street photography, human photography, minimalist food menu design, wedding card, dan kartun animasi. Selain memenuhi tugas kuliah, pameran dengan konsep minimalist aesthetic ini diharapkan mampu menjaring peminat seni untuk bekerja sama dengan mahasiswa DKV.


Sumber gambar : Dokumentasi Pribadi
Reporter : Muh. Khasan Abdurrohman (Sekolah Bisnis dan Manajemen 2016)
ITB Journalist Apprentice 2017


scan for download