Pada Ulang Tahun yang Ke-11, SBM ITB Dianugerahi Menjadi Sekolah Manajemen Terbaik di Indonesia

Oleh Adhitia Gesar Hanafi

Editor -

JAKARTA, itb.ac.id - Pada usianya yang telah melewati  satu dasawarsa, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, terus menunjukan prestasi dan pencapaian besarnya. Sebagai buah hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh unsur SBM-ITB, predikat sebagai sekolah manajemen terbaik di Indonesia kembali  dianugerahkan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut oleh Mix Marketing Group, SWA Magazine pada (18/12/14).

Predikat tersebut dianugerahkan kepada SBM-ITB mengingat SBM-ITB memiliki nilai kumulatif terbaik dalam aspek-aspek variabel yang dijadikan dasar pertimbangan penilaian oleh Mix Marketing.  Seperti dikutip dari laman sbm.itb.ac.id, Kemal Effendi  Gani selaku direktur dari SWA grup menyatakan dalam pidato sambutanya, bahwa kegiatan ini telah berlangsung selama lima tahun dan terdapat tujuh variabel yang dijadikan dasar penilaian pemberian anugerah predikat sekolah manajemen terbaik di Indonesia yang dilakukanya. Ketujuh predikat tersebut meliputi, reputasi universitas, kualitas alumni, costs dan benefits, kesetaraan dengan Universitas Luar Negeri yang memenuhi syarat, lokasi, fasilitas, dan kontibusi sosial.

Dalam ulang tahun.nya yang ke-11, seperti diungkapkan Prof. Sudarso Kaderi Wiryono selaku Dekan SBM-ITB dalam laman sbm.itb.ac.id, SBM-ITB menyusun rancangan strategis berupa tekad untuk go international dengan menjalankan penyelenggaraan pendidikan sesuai standar akreditasi triple crown dari EQUIS, AACSB dan AMBA. Berbagai kerjasama SBM-ITB lakukan dengan berbagai mitra Universitas dan industri. Yang paling baru, SBM-ITB menandatangai kerjasama dengan MarkPlus Institute untuk kelas Strategic Marketing MBA yang akan dimulai pada bulan Agustus 2016. Pembangunan fasilitas fisik bangunan untuk menunjang perkuliahan dan penelitian terus digenjot oleh SBM-ITB. 

 

Sejarah Singkat SBM-ITB
Didirkan pada 31 Desember 2003 dengan Surat Keputusan (SK) Rektor ITB no. 203/SK/K01/KP/2003, Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB mengusung visi  'Menjadi Institusi Kelas Dunia yang Mengilhami dan Mengembangkan Pemimpin Baru Dengan Semangat Kewirausahaan'. Berkat seluruh dukungan dan profesionalitas kerjas staf SBM-ITB, saat ini terdapat lima program dibawah naungan SBM-ITB yaitu, Program Sarjana Manajemen, Program Sarjana Kewirausahaan, Program Magister Administrasi Bisnis, Program Magister Sains Manajemen, dan Program Doktoral Sains Manajemen.  Program-program tersebut terus bergeliat menunjukan prestasinya. Prestasi tersebut diantaranya, peringkat pertama dalam ajang Unilever Future Leaders League 2014 di Singapura pada tahun 2014 yang telah diraih oleh mahasiswa program Sarjana. Sebagai dosen, Dr.Ir. Aries F Firman menerima penghargaan sebagai best presenter dalam seminar internasional 'Innovations in Accelerating Infrastructure Competitiveness and Sustainability'. Sertifikasi ISO 9001:2008 yang diperoleh pada tahun 2014, semakin mengukuhkan kegemilangan SBM-ITB.

Sumber foto : sbm.itb.ac.id 
 


scan for download