Musrenbang 2024: Membangun Jabar Maju, Mandiri, dan Sejahtera dengan Kolaborasi ITB dan Pemprov Jabar

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Dok.Istimewa

BANDUNG, itb.ac.id - Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., menghadiri acara puncak Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2025-2045 dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Jawa Barat Tahun 2025, yang dilaksanakan pada Senin (22/4/2024) di The Trans Luxury Hotel, Bandung.

Dalam kesempatan ini, Rektor ITB turut pula mengikuti pelaksanaan penandatanganan Berita Acara sebagai rangkaian acara dari Musrenbang.

Acara ini dibuka oleh sambutan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) Taufiq Hidayat, S.H., M.H. Beliau mengatakan bahwa Musrenbang ini sebagai bagian dari pemerintah daerah untuk bersama-sama menyusun perencanaan bagi Jawa Barat hingga 20 tahun ke depan.

"Bukan hal yang mudah untuk menyusun perencanaan ke depan, dengan bonus demografi, sumber daya manusia, peningkatan pendapatan, perpindahan penduduk atau urbanisasi, perubahan iklim, geopolitik, geoekonomi, dan teknologi," ujarnya.

Agenda ini pun disebutnya sekaligus menjadi sebuah bekal untuk menuju gerakan Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, S.E., M.T., berharap dengan adanya Musrenbang ini dapat membawa Jawa Barat lebih baik lagi di masa yang akan datang. Hal tersebut senada pula dengan visi Jawa Barat menuju provinsi yang termaju, berdaya saing dunia, serta berkelanjutan.

"Musrenbang 2024 tidak hanya menjadi wajah penting bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, namun juga untuk seluruh perangkat daerah, pemangku kepentingan, institusi pendidikan, serta masyarakat. Diharapkan seluruh pihak dapat menyukseskan Musrenbang ini demi Jawa Barat yang lebih baik lagi," ucapnya.

ITB pun terus berkomitmen untuk mendukung Pemprov Jabar dalam mewujudkan pembangunan Jawa Barat yang berkelanjutan. Sebut saja dengan menyediakan pendidikan berkualitas tinggi, penelitian terdepan, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat.

Diharapkan kolaborasi yang erat antara ITB serta Pemprov Jabar dapat terus terjalin untuk Jawa Barat yang maju, mandiri dan sejahtera.


scan for download