Menkes Budi Gunadi Hadiri Acara Orasi Ilmiah Guru Besar ITB

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

Menteri Kesahatan RI Budi Gunadi Sadikin

BANDUNG, itb.ac.id - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, menghadiri acara Orasi Ilmiah Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) pada Sabtu (22/7/2023) yang dilaksanakan di Aula Barat ITB.

Menkes Budi Gunadi merupakan tamu dari salah satu Guru Besar pemberi orasi ilmiah, yakni Prof. Fenny Martha Dwivany. Beliau hadir bersama dengan istrinya, Ida Budi Gunadi Sadikin.

Sebagai informasi, Menkes Budi Gunadi merupakan alumni Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (FMIPA ITB). Sebelum menjadi Menteri Kesehatan RI, beliau telah banyak berkiprah di berbagai bidang profesi. Terutama dalam menerapkan keilmuan fisika radiasi dan fisika medis.

Sementara itu, dalam agenda ini, terdapat tiga Guru Besar yang menyampaikan orasi ilmiahnya, yakni Prof. Dr. Aswan, S.T., M.T., dari Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB; Prof. Dr. Fenny Martha Dwivany, S.Si., M.Si., dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati ITB; serta Prof. Dr. Rukman Hertadi, S.Si., M.Si., dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITB.

Di sesi pertama, Prof. Aswan menyampaikan orasi dengan judul "Perjalanan Panjang Sang Penjelajah Waktu dalam Perspektif Sejarah Bumi".

Kemudian dilanjutkan dengan Prof. Fenny Martha Dwivany, menjelaskan orasi dengan judul "Mengupas Pascapanen Buah Pisang dari Sudut Pandang Biologi Molekular".

Lalu Prof. Rukman Hertadi, menyampaikan orasi dengan judul "Eksplorasi Biomolekul dari Bakteri Halofilik Galur Lokal dan Potensi Aplikasinya".


scan for download