Mengoptimalkan Performansi dan Efisiensi Melalui High Performance Computing

Oleh Christanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Keberadaan High Performance Computing (HPC) sebagai teknologi komputasi canggih semakin terasa manfaatnya. HPC mampu memberikan sentuhan teknologi dengan performansi tinggi dan mempersingkat waktu untuk proses komputasi. Berbagai hal tentang HPC ini dikupas dalam seminar bertajuk "High Performance Computing (HPC) for Academic Programs" yang diadakan oleh ComLabs, Unit Sumber Daya Informasi (USDI) ITB pada Kamis (16/12/10) di Ruang Multimedia ComLabs USDI ITB.
Setelah dibuka oleh Kepala USDI ITB, Basuki Suhardiman, sesi seminar diisi oleh pemaparan dari Eko Mursito sebagai dosen dan peneliti ITB mengenai "HPC and GRID Computing Overview". Selain itu, tim dari Hewlett-Packard (HP) Indonesia juga berkesempatan untuk memberikan berbagai solusi teknologi HPC yang ditawarkan oleh HP.

Storage Left Hand: 5 Keuntungan

Business Manager HP, Muh. Nimeiry Lucky memaparkan tentang teknologi Storage Left Hand untuk kepentingan penyimpanan data. Menurutnya, teknologi ini memiliki 5 keuntungan dibandingkan penyimpan data biasa. Keuntungan itu antara lain: storage clustering, netword RAID, thin provisioning, snapshots, dan remote copy.

Dengan snapshots misalnya, data-data dapat dibackup ke dalam bentuk image secara online dan dapat dijadwalkan. Sementara itu, melalui remote copy, pengguna juga dapat mereplikasi data ke lokasi lain. Kedua keunggulan ini akan sangat bermanfaat untuk perlindungan data dan untuk mencegah data penting rusak atau terhapus.

Teknologi Thin Untuk Efisiensi

Pada kesempatan tersebut, Technical Consultant HP, Andri Yoga, juga menyampaikan salah satu aplikasi HPC lain, yaitu teknologi Thin. Teknologi ini memiliki beberapa manfaat penting, yaitu untuk client virtualization, web and cloud, dan multiseat computing. Karena dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan, pemanfaatan teknologi Thin mampu menghemat pengeluaran energi dan meningkatkan efisiensi.

Multiseat misalnya, menawarkan sistem pemakaian komputer secara PC sharing. Melalui satu perangkat multiseat, puluhan pengguna dapat mengakses pemakaian komputer secara multi tasking. Dengan demikian, penggunaan energi listrik dapat ditekan hingga penghematan 80%. Selain itu, seluruh akses pemakaian dapat dilakukan hanya dalam satu lisensi.

Salah satu dampak nyata dari HPC saat ini yaitu GRID computing, dimana HPC dapat membantu proses penelitian atau kreatif yang membutuhkan komputasi tingkat tinggi. Dengan demikian, proses komputasi tidak lagi membebani secara mandiri, namun bisa memanfaatkan teknologi HPC.

scan for download