Mengenal Lebih Jauh Penyedia Kebutuhan Informasi Mahasiswa: DAP Comlabs ITB

Oleh alitdewanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id- Di balik kenyamanan ruang akses publik dan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan oleh Divisi Akses Publik (DAP) Comlabs ITB, terdapat banyak tuntutan untuk dipenuhi dan target untuk dicapai. Maderil Ventria Sitepu, akrab dipanggil Tria, Human Resources Management Teknik Material ITB 2007- (HRM) DAP Comlabs menuturkan bahwa beberapa target yang ditetapkan sejak Januari 2009 sudah terpenuhi.

Unit Comlabs USDI (Unit Sumberdaya Informasi) ini merupakan penyedia utama kebutuhan informasi mahasiswa. DAP Comlabs berlokasikan di Gedung Tahap Persiapan Bersama ITB.
Target-target itu meliputi penggantian unit komputer di ruang akses publik dengan komputer berkecepatan akses lebih tinggi untuk menunjang surfing dan browsing, serta pada saat bersamaan tetap menyediakan software-software penunjang perkuliahan, seperti SolidWorks, MATLAB, AutoCAD, Corel Draw, Adobe Photoshop, dan Macromedia Flash untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas kuliah dengan software-software tersebut.

" Kami juga punya target yang lain untuk tahun ini seperti pembuatan website DAP yang lebih lengkap." ujar Tria. Tahun ini, website DAP telah tampil dengan desain baru. Website yang dapat diakses melalui dap.comlabs.itb.ac.id ini menyediakan beberapa fitur, meliputi antivirus dan link untuk meng-update-nya serta installer software-software standar.

Untuk menjalankan fungsinya, DAP memiliki beberapa subdivisi, seperti infokom, sumber daya manusia, sarana dan prasarana, maintenance, serta administrasi dan keuangan. Semua subdivisi bekerja sama demi memberikan pelayanan yang baik bagi mahasiswa ITB pemakai jasa ruang akses publik.

Butuh Lebih Banyak Sumberdaya

Di balik itu semua, untuk memenuhi tingkat kebutuhan mahasiswa ITB yang tinggi pada setiap hari operasionalnya, DAP memerlukan lebih banyak sumber daya manusia untuk menjadi operator di ruang akses publik. Sementara ini, operator hanya berasal dari lingkup ITB; kesibukan akademik membuat para operator ini tidak bisa menambah jam kerja. Maka solusi yang dapat ditempuh adalah merekrut operator dari luar ITB.

Demi menjawab tuntutan-tuntutan itu, semua staf DAP yang tergabung dalam sub-subdivisi harus mampu bekerja sama dengan baik. Koordinasi yang baik serta komitmen merupakan pendukung utama. Ketika ditanya tentang kesan-kesan menjadi bagian dari DAP Comlabs, Tria menjelaskan tentang kesenangannya bekerja di dalam komunitas yang profesional. "Kami semua bertanggung jawab dan mengetahui peran masing-masing," jelasnya.

Semoga DAP pada khususnya, dan Comlabs pada umumnya, dapat tetap menjadi bagian terpenting dalam penyediaan kebutuhan mahasiswa ITB akan informasi.

Ditulis oleh: Fathir Ramadhan (dengan pengeditan).

scan for download