Masuki Era Baru, Paduan Suara Mahasiswa ITB Adakan Konser Nuevala

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita


BANDUNG, itb.ac.id — Paduan Suara Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan konser tahunan bertajuk “Nuevala” di Aula Barat ITB, Minggu (13/8/2023). Konser yang dihadiri sekitar 600 orang penonton ini dilaksanakan sebagai ajang pengembangan musikalitas para anggota PSM-ITB.

Nama “Nuevala” sendiri mengandung arti dalam Bahasa Inggris “New Era” atau dalam Bahasa Indonesia “Era Baru”. Hal tersebut menggambarkan musikalitas yang selalu berkembang dan adaptasi PSM-ITB terhadap genre musik yang selalu berkembang.’

Persiapan konser ini sendiri telah dilakukan selama 6 bulan, sejak bulan Maret 2023 oleh 56 penyanyi dari berbagai angkatan dan jurusan, bahkan melibatkan beberapa alumni. Sebagai informasi, acara ini dirancang serta dipimpin oleh Music Director PSM ITB, Adi “Didut” Nugroho.

PSM-ITB membawakan beberapa lagu hits masa kini seperti Grace Kelly yang dipopulerkan oleh Mika, Asmalibrasi yang dipopulerkan oleh Soegi Bornean, hingga medley “3 Lagu Untuk Kamu si Bucin Maksimal 2023” dengan potongan lagu “Dunia Tipu-Tipu”, “Sang Dewi”, dan “Komang”. Selain itu, Nuevala juga dimeriahkan dengan keikutsertaan 4 anggota PSM-ITB sebagai junior conductor dan pemusik professional Augustinus sebagai drummer, Nicholas Rio sebagai pianis, dan Arief Rosmadi sebagai bassist.

Ketua Konser, Ezra Clement Dario, mengungkapkan rasa syukurnya karena keseluruhan acara konser tahunan PSM-ITB ini berjalan dengan lancar.

“Sebagai ketua, penyanyi, sekaligus salah satu junior conductor, Ezra merasa sangat bangga karena hasil yang sesuai dengan usaha yang diberikan oleh seluruh panitia, pemusik, dan penyanyi, dengan total 17 lagu yang dibagi ke dalam dua sesi berdurasi 1 jam,” tuturnya saat wawancara.

Ia berharap konser Nuevala tahun ini dapat menjadi salah satu konser yang berkesan bukan hanya di kampus ITB, namun juga komunitas paduan suara mahasiswa di Indonesia.

Reporter: Luisa Carmel (Teknik Kimia, 2021)


scan for download