Lokakarya Naloka: "From Pieces to Blisses", Workshop Kolase di Atas Notebook yang Kreatif dan Inspiratif

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id - TPB FSRD ITB 2022 bersama dengan perusahaan kreatif terkemuka di Indonesia, Tab Space, menggelar sebuah lokakarya menarik yang bertajuk "From Pieces to Blisses!" Workshop Kolase di Atas Notebook pada Minggu, (11/6/2023). Lokakarya ini merupakan rangkaian acara dari Pameran Akademik TPB FSRD ITB 2022 yang diselenggarakan dalam acara Kalanova 2023.

Lokakarya ini diadakan di Aula Timur ITB, yang telah dihiasi dengan pameran karya seni yang indah dan menarik dari para mahasiswa TPB FSRD ITB. Acara ini dimulai sejak pukul 13.00 dan berlangsung hingga pukul 15.00 WIB, yang dihadiri oleh ratusan pengunjung pecinta kreativitas.

Tab Space, perusahaan yang dikenal dengan kualitas artwork dan desainnya yang unik, telah mempersiapkan berbagai alat dan bahan kolase yang lengkap untuk peserta. Setiap peserta diberikan woven fabric notebook khusus yang siap untuk dihiasi dengan kreasi mereka sendiri. Artwork dan ilustrasi karya Tab Space pun turut hadir dalam workshop ini sebagai inspirasi bagi para peserta.

Lokakarya ini bertujuan untuk mengajak peserta dalam menuangkan ide dan imajinasi mereka melalui seni kolase. “Di Lokakarya
ini, kami mengajak peserta workshop untuk menggunakan imajinasi mereka bermain kolase di atas notebook,” ucap Gabriella selaku ketua pelaksana Kalanova 2023.

Dengan menggunakan alat dan bahan yang telah disediakan, para peserta dapat memadukan potongan-potongan kecil dari berbagai sumber, termasuk gambar-gambar dari artwork Tab Space, untuk menciptakan karya yang unik dan menarik.

Lebih lanjut Gabriella juga menjelaskan, bahwa kolase-kolase ini merupakan hasil karya dari Tab Artists yang dijadikan vistock dan vistock ini merupakan milik Kalanova sendiri. Vistock itu kemudian dicetak pada digital transfer film dan di sablon polyflex pada cover notebook sesuai hasil susunan kolase dari peserta.

Para peserta terlihat antusias dan fokus saat mengikuti arahan dari panitia. Mereka dengan cermat memilih dan menyusun potongan-potongan kecil menjadi suatu komposisi yang harmonis dan memikat. Setiap kolase yang dihasilkan memperlihatkan keunikan dan kekreatifan masing-masing peserta.

Lokakarya "From Pieces to Blisses!" Workshop Kolase di Atas Notebook ini diharapkan dapat menginspirasi dan mengembangkan kreativitas para peserta. Dengan memadukan potongan-potongan kecil menjadi satu kesatuan yang harmonis, peserta diajak untuk melihat bagaimana setiap kepingan memiliki peran penting dalam menciptakan sebuah karya yang indah.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)


scan for download