LIPSP ITB Selenggarakan Workshop Pasar Modal

Oleh Yasmin Aruni

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ada banyak pilihan belajar investasi dan variasi investasi yang dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Di antaranya, adalah menabung, membuka deposito, membeli tanah dan bangunan, emas, maupun membeli surat berharga seperti saham, obligasi, dan lainnya. Peminat investasi tidak hanya terbatas pada para pekerja dan orang tua, melainkan juga para mahasiswa yang tertarik dengan keuntungan yang ditawarkan oleh jual beli saham.

Untuk memfasilitasi fenomena ini, Laboratorium Inovasi dan Pengembangan Sistem Perusahaan (LIPSP) ITB yang bernaung di bawah KK Manajemen Industri, bekerja sama dengan  Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Trimegah Securities untuk mengadakan iYouth: Stock Market Workshop. Dengan tagline &pos;Mahasiswa cerdas berinvestasi!', acara yang diadakan di Ruang Seminar Gedung Teknik Industri ITB mulai pukul 09.00-16.00 ini dihadiri oleh 80-an mahasiswa/i yang tidak hanya berasal dari beragam program studi di ITB, melainkan juga dari universitas lain seperti Universitas Padjadjaran dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Workshop ini merupakan workshop pertama yang memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berhadapan langsung dengan interface pasar modal.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ir. Pamoedji Hardjomidjodjo, M.M. selaku dosen pembimbing LIPSP serta Christeven (Teknik Industri 2012) selaku ketua pelaksana iYouth. "Kami ingin mensosialisasikan kepada masyarakat, khususnya pada mahasiswa ITB, agar kenal dengan interface pasar modal. Selama ini sudah banyak acara-acara seperti seminar dan talkshow mengenai pasar modal, namun masih banyak yang takut untuk mencoba karena belum kenal dengan interface-nya secara langsung," terang Christeven. Harapannya, setelah menghadiri workshop ini, tidak ada lagi yang takut untuk membuka rekening pasar modal, dan memiliki kemampuan untuk mendapatkan keuntungan dalam jual-beli saham.

Dalam sesi pertama yang dibawakan oleh Hari Mulyono (BEI Kantor Perwakilan Bandung), peserta diberikan pemaparan mengenai serba-serbi pasar modal mulai dari definisi pasar modal, istilah-istilah yang digunakan, prinsip dasar pasar modal, jenis-jenis investor dan trader, serta cara investasi yang baik dan benar. Setelah presentasi mengenai dasar-dasar berinvestasi, acara dilanjutkan dengan workshop yang diberikan oleh Indarto Junaidi (Production Development Online Trading Trimegah Securities). Setiap peserta diberikan akun tamu yang dapat digunakan untuk mengakses online trading Trimegah.

"Saya sangat mengapresiasi acara ini, karena mengakomodasi minat mahasiswa ITB yang latar belakang ekonominya kurang tapi tertarik dengan dunia pasar modal, sehingga bisa lebih belajar lagi. Harapan ke depan, acara serupa bisa terus berjalan dengan menghadirkan narasumber lain yang bisa membahas komponen pasar modal lainnya secara lengkap," tutur Adhitia Gesar (Teknik Metalurgi 2012), salah satu peserta iYouth.


scan for download