Kafilah ITB Ukir Prestasi dalam MTQ Mahasiswa Nasional XII

Oleh Hastri Royyani

Editor -

MAKASSAR. itb. ac. id - Terukir prestasi Institut Teknologi Bandung dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional  XII di Makassar. MTQ Mahasiswa Nasional merupakan agenda rutin Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. "Tiap dua tahun sekali, penyelenggaraan MTQ diharap mampu menjadi stimulator mahasiswa dalam mempelajari, memahami, serta mengamalkan Al-Quran," tutur Dirjen Pendidikan Tinggi Prof. Dr. Djoko Santoso ketika membuka MTQ Mahasiswa Nasional XII.

MTQ kali ini diikuti oleh 1.353 peserta 117 perguruan tinggi se-Indonesia. MTQ Mahasiswa Nasional XII memperlombakan 11 kategori, yakni Tilawah Quran, Tartil Quran, Hifdzil 1 Juz, Hifdzil 2 Juz, Qira`at Sab`ah, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Khatil Quran, Karya Tulis Ilmiah Al Quran, Debat Ilmiah Al Quran Bahasa Arab dan Debat Ilmiah Al Quran Bahasa Inggris.

"ITB mengikuti 10 dari 11 cabang perlombaan dengan tidak turut serta dalam cabang Qira'at Sab'ah. Kontingen ITB terdiri dari 20 peserta dan 2 pendamping,"papar Ketua Kafilah ITB Akmal Firmana (Teknik Industri 2008). Kedua puluh peserta ini merupakan hasil seleksi melalui Olimpiade Al-Qur'an ITB (OA-ITB) dan telah mendapatkan pembinaan pra-MTQ, jelas Akmal.

Kontingen ITB mendapat peringkat harapan II untuk cabang Khatil Quran (kaligrafi) putra diraih oleh Robbi Zidna Ilman (Arsitektur  2007). Serta Roni Al Maududi (Matematika 2006), Mazharulhaq M. (Arsitektur 2007), dan M. Irfan Hilmi (Mikrobiologi 2010) meraih juara harapan II untuk cabang Fahmil Quran (Cerdas Cermat Al-Quran).  "Sementara juara umum diraih oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam MTQ Mahasiswa Nasional kali ini," ungkap peserta MTQ Dinni Nurhayani (Teknik Metalurgi 2009).

Banyak hikmah dan pengalaman yang didapat dalam kompetisi MTQ ini. Peserta hafalan Quran Abdurahman Dihya (Teknik Informatika 2009) menuturkan, "Begitu banyak teman-teman dari berbagai perguruan tinggi yang mempunyai semangat belajar dan mengkaji Al-Quran." Mudah-mudahan euforia qurani di  MTQ bisa ditularkan ke teman-teman kampus, harap Dihya. Tahun ini, MTQMN XII dilaksanakan pada tanggal 10-14 Juli di Universitas Muslim Indonesia Makassar.

 

Sumber foto: Panitia MTQ Mahasiswa Nasional


scan for download