ITB Startup Bootcamp 2023: Merintis Startup dari Nol

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung (ITB) bekerja sama dengan Business Initiative Movement (BIM) dan Startup Bandung menggelar "ITB Startup Bootcamp 2023" di Galeri CC Timur ITB Kampus Ganesha, Sabtu (07/10/2023). Kegiatan yang membahas tahapan awal memulai startup dan cara mengelolanya ini dihadiri mahasiswa, alumni, hingga masyarakat umum.

Para pemateri ahli di bidangnya memberikan wawasan dan berbagi pengalamannya. Antara lain, Chief Digital Startup, Ecommerce and Fintech (DEF) di PT. Sharing Vision Indonesia, Nur Islami J; PM Telkom Digital - OSS BKPM, Anggy Edo; Digital Marketing Expert BIM, Arius Friyansyah; CEO Hidupmedia Partner WJI-Hub, Hermawansyah H.; CEO Bicarabranding Branding Expert BIM, Radix Primaria; CEO Karyain Group dan Owner Karyain Kost, Ridwan Saputra U; dan Cofounder Craft CFO Oxlabs, Biofarma, Yusuf Nugraha A.

Terdapat sejumlah sesi dalam kegiatan tersebut.

1. Stream 1: Starting Up memberikan pemahaman untuk memulai bisnis;

2. Startup Trend Update: 4 Business Foundation, Hybrid Business Model, 3+1 H memperkenalkan tren pasar terkini;

3. Fundamental of Product & Business Development membahas proses pengembangan produk dan bisnis yang berkelanjutan, mulai dari mengidentifikasi masalah hingga eksekusi;

4. Project Management mengenalkan pengelolaan proyek, pentingnya komunikasi efektif, kemampuan mengambil keputusan, berpikir kritis, dan menerapkan konsep 3V (Vision, Value, dan Validation) untuk pengembangan produk;

5. Fundamental of Branding, Marketing, and Selling, para peserta mempelajari pentingnya pengenalan produk, memahami atribut produk, hingga manfaat bagi konsumen. Selain itu, dikenalkan pula tentang segmentasi pasar berdasarkan status sosial ekonomi, pentingnya memahami tujuan konsumen membeli produk, alasan konsumen harus memilih produk, dan cara menentukan strategi pemasaran yang tepat. Peserta pun diberikan pemahaman tentang komponen keuangan bisnis startup, meliputi biaya tetap dan variabel, membuat laporan keuangan yang akurat, anggaran yang sesuai, dan mengutamakan aspek-aspek keuangan yang krusial untuk pertumbuhan bisnis.

Kegiatan ditutup dengan sesi prototyping berkelompok yang dipandu para pembicara sebagai mentor. Kelompok-kelompok tersebut diberikan kesempatan menggali ide-ide startup berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam kesehariannya. Ide tersebut lalu dibuat prototype yang dipresentasikan dan dikomentari para pembicara.

ITB Startup Bootcamp 2023 menjadi batu loncatan, khususnya bagi para mahasiswa ITB, untuk memulai perjalanan dalam dunia kewirausahaan. Dengan pengetahuan yang mendalam dan wawasan yang diberikan para pemateri berpengalaman, peserta diharapkan mendapatkan fondasi kuat untuk memulai dan mengelola startup berdasarkan permasalahan yang ada.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download