ITB Pertahankan Gelar Juara Umum Pada ISMC 8

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kompetisi mahasiswa pertambangan nasional, Indonesia Students Mining Competitions 8 (ISMC) berakhir pada Minggu (12/02/12). Kompetisi yang mempertandingkan empat belas cabang keprofesian tersebut diikuti oleh lima belas tim dari berbagai institusi yang tersebar di seluruh Indonesia. Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil mempertahankan gelar juara umum, Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) menempati juara kedua, dan Universitas Sriwijaya Palembang (UNSRI) menjadi juara ketiga dalam helatan tersebut.
Dari empat belas cabang kompetisi dwitahunan tersebut ITB meraih sembilan emas, satu perak, dan satu perunggu. UNLAM yang berada di peringkat kedua berhasil dua emas, dua perak, dan empat perunggu. Sebagai juara ketiga UNSRI meraih satu emas, tiga perak, tiga perunggu.

Dua emas pada cabang lainnya didapatkan oleh Universitas Hasanudin (UNHAS) yang menempati peringkat kelima, sedangkan Universitas Pembangunan Negeri (UPN) berada diperingkat empat dengan raihan tiga perak dan dua perunggu.

Selain kompetisi antar universitas, ISMC 8 juga menggelar cabang pendulangan (panning) yang dilombakan untuk internal ITB dengan peserta himpunan mahasiswa jurusan dan kelas di Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM). Mahasiswa Teknik Material (MTM) meraih juara untuk kategori himpunan dan FTTM kelas 13 untuk kelas fakultas.

Program unggulan Himpunan Mahasiswa Tambang (HMT) ITB yang telah dilaksanakan sejak 1996 ini mengambil tema "Mining for Living". Ananda Putra Prathama (Teknik Pertambangan 2008), Ketua Panitia ISMC 8 menuturkan bahwa semua kebutuhan manusia baik primer, sekunder, ataupun tersier berangkat dari kontribusi dunia pertambangan. "Oleh karena itu pengembangan di sektor pertambangan harus ditingkatkan untuk memajukan bangsa Indonesia," tambah Ananda.

Rangkaian ISMC 8

Rangkaian acara ISMC 8 diawali dengan pre-event diantaranya roadshow ke berbagai universitas dan SMA di Indonesia, seminar, dan one-day course. Seminar dan course yang bertema "Pengelolaan Air Asam Tambang" diadakan bekerja sama dengan asosiasi peneliti air tambang internasional yaitu International Network for Acid Prevention (INAP) dan International Network for Acid Drainage (INAD).

"Kompetisi sebagai acara inti dilaksanakan di sekitar gedung Teknik Pertambangan ITB dan berlangsung selama tiga hari (10-12/02/12)," ungkap Ade Ivung Reveles Elsyamba (Teknik Pertambanga 2008), Ketua Divisi Hubungan Masyarakat. Ivung menanbahkan bahwa ISMC 8 juga diselingin oleh exhibition untuk memperkenalkan industri pertambangan kepada masyarakat.

Pemenang ISMC 8 diumumkan pada acara puncak yang sekaligus penutupan dengan tema ISMC NITE. Acara yang menjadi ajang silaturahmi mahasiswa tambang nasional tersebut diwarnai pertunjukkan berbagai grup musik dan komunitas seni.

scan for download