Mahasiswa Oseanografi ITB Implementasikan Blue Economy di Pesisir Kabupaten Cirebon

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

CIREBON, itb.ac.id — Himpunan Mahasiswa Oseanografi (HMO) “TRITON” Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar kegiatan tahunan Oseanografi ITB untuk Indonesia (Poseidon) 2023 di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Minggu mulai 21 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Poseidon bertujuan menyalurkan keilmuan oseanografi kepada masyarakat luas. Tahun ini, Poseidon membawa tema besar blue economy.

Blue economy adalah sebuah konsep yang mendorong penggunaan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat, dan kelestarian lingkungan.

“Kami melakukan pengabdian masyarakat di Desa Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Wilayahnya sangat strategis di daerah pesisir dan pemerintah desa setempat menyambut baik kegiatan ini,” ujar ketua pelaksana Poseidon 2023, Putri Farhaniah Zuldis (Oseanografi, 2020).

Kegiatan utamanya adalah pelaksanaan Sekolah Pesisir yang menyasar pelajar SD, MTS, dan MA. Melalui Sekolah Pesisir, mahasiswa Oseanografi berusaha mengenalkan pengetahuan terkait laut, potensinya, fenomena yang terjadi, dan kebencanaan serta mitigasi bencana pesisir.

“Sekolah Pesisir dilaksanakan selama tiga pertemuan. Kami membagikan modul pembelajaran yang telah disesuaikan dengan setiap jenjang pendidikan. Di dalamnya terdapat materi bergambar, lembar kerja, dan gim yang bisa memudahkan para siswa memahami materi,” ujar Raudhotusharifah (Oseanografi, 2022).

   

Dalam kegiatan tersebut, siswa diajak melakukan eksperimen pembuatan kain ikat celup dari tinta mangrove dan pembuatan ecobrick dari limbah plastik yang banyak ditemui di pesisir. Hal ini membuat siswa lebih memahami dan menghargai potensi lingkungan sekitarnya.

Selain mengajar di sekolah, diadakan kegiatan pengambilan data kualitas air laut di pesisir pantai. Data tersebut akan diolah menjadi infografis sebagai salah satu kepedulian mahasiswa Oseanografi ITB terhadap Desa Mundupesisir.

Puncak Poseidon 2023 ditandai dengan kegiatan beach clean up dan penanaman mangrove dengan pelajar yang menjadi peserta Sekolah Pesisir.

“Kegiatan penutupan ini dihadiri oleh 45 peserta didik dan berkolaborasi dengan Pokdarwis dan Pokmaswas Desa Mundupesisir. Peserta diajak untuk melakukan penghitungan sampah laut dan pesisir menggunakan metode transek. Sampah yang terkumpul kemudian dipilah sesuai jenisnya, organik atau anorganik. Bersama dengan 50 mahasiswa Oseanografi ITB lainnya, penanaman 300 bibit pohon mangrove berhasil dirampungkan di Taman Muara Mundu,” tutur Filan Muhammad Kelvin (Oseanografi, 2020).

Keberadaan ekosistem mangrove baik untuk menjaga keanekaragaman hayati, masyarakat, dan iklim; mengembangkan program terkait; dan melakukan penelitian ilmiah yang bertujuan untuk melindungi lingkungan dan mendukung program kemasyarakatan.

   

Poseidon dalam jangka panjang ditargetkan dapat memberikan dampak yang lebih masif terutama pada sektor kelautan dan pesisir. “Semoga Poseidon bisa mengulik dan mengentaskan permasalahan laut lainnya dan memberikan kontribusi bagi kelestarian laut Indonesia,” ujar Putri Farhaniah Zuldis.

Reporter: Maharani Rachmawati Purnomo (Oseanografi, 2020)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download