ITB dan Pemprov Kalimantan Tengah Tandatangani MoU Tridarma Perguruan Tinggi dan Peningkatan Kualitas SDM

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, di Gedung Rektorat ITB, Kamis (04/01/2024).

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan sinergitas potensi sumber daya yang dimiliki ITB dan Pemprov Kalimantan Tengah terkait tridarma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Penandatanganan dilakukan oleh Sekretaris Institut ITB, Prof. Dr.-Ing. Ir. Widjaja Martokusumo dan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. H. Nuryakin, M.Si.

Prof. Widjaja mengatakan, ITB menyambut baik kerja sama ini untuk bersama-sama memajukan bangsa melalui berbagai keahlian dari civitas academica ITB.

“Kami berharap kerja sama ini dapat menghasilkan kolaborasi dan jalinan silaturahmi yang lebih erat lagi ke depannya,” ujarnya.

Sementara itu, Drs. H. Nuryakin, M.Si. mengatakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah membutuhkan dukungan dan kajian mendalam terkait pengambilan keputusan, khususnya mengenai riset dan teknologi.

“Saat ini kami datang ke ITB dengan segala ilmu yang sudah dikembangkan untuk dapat diimplementasikan di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

Ruang lingkup dalam MoU ini meliputi reklamasi pertambangan, rehabilitasi daerah aliran sungai dan kehutanan, pengelolaan lingkungan hidup, peningkatan sumber daya perikanan dan kelautan, dan bidang lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Dalam kesempatan tersebut, dekan dari fakultas/sekolah ITB yang terkait dengan ruang lingkup MoU menyampaikan berbagai potensi kerja sama lebih lanjut melalui keahlian yang dimiliki.

Drs. H. Nuryakin, M.Si. pun menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat serta setiap paparan tentang pengalaman dan berbagai kemungkinan yang dapat dikerjasamakan. Pihaknya mengaku antusias untuk segera mendiskusikan dan implementasi program yang akan dilaksanakan.

“Harapannya semoga kerja sama ini dapat mendorong kemajuan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Reporter: Satria Octavianus Nababan (Teknik Informatika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download