Integrated Career Days: Jembatani Dunia Kerja dengan ITB

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - ITB Career Center yang berada dalam koordinasi Seksi Pengembangan Profesi Bidang Pengembangan Karakter dan Profesi Lembaga Kemahasiswaan (LK) kembali mengadakan Titian Karir Terpadu 2011 untuk yang kedua kalinya di tahun ini. Melanjutkan kesuksesan kegiatan di April lalu, dengan nama "ITB Integrated Career Days", kegiatan ini diadakan di Sasana Budaya Ganesha pada Jumat hingga Minggu (14-16/10/11).  Titian karir terpadu ini merupakan rangkaian kegiatan terintegrasi yang memfasilitasi interaksi dan jejaring antara Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dengan ITB, pameran industri, presentasi perusahaan, seminar, rekrutmen atau tes penerimaan pegawai, serta pelatihan.

ITB Career Center memposisikan pihak penyedia kerja (industri swasta ataupun pemerintah) sebagai mitra pendidik bagi ITB dalam hal membina profesionalisme mahasiswa baik dalam bidang yang spesifikasi (melalui pelatihan teknis) maupun generik (melalui pelatihan softskill). Untuk itu ITB Career Center mengadakan acara "ITB Integrated Career Days" ini.

Perusahaan yang ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 50 perusahaan lebih, yaitu antara lain Unilever, PT Pertamina, Schlumberger, PT Astra International, Oberthur Technologies, Exxonmobil, Total E&P Indonesie, PT Kaltim Prima Coal, PT United Tractors, The Jakarta Pos, Chevron, PT Bakrieland Development, PT Bank Negara Indonesia, PT Freeport Indonesia, Contact Singapore, PT Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

Tidak Hanya Dari ITB

Ada banyak mahasiswa dan alumni ITB yang datang ke acara ini, kebanyakan mereka yang sudah lulus pada bulan Juli 2011 lalu atau akan lulus pada bulan Oktober 2011 nanti. Pengunjung yang menghadiri kegiatan ini bukan hanya dari ITB, namun juga ada yang berasal dari luar ITB, antara lain mahasiswa atau alumni dari Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, serta Universitas Nasional Solo. Selain itu acara ini juga terbuka bagi umum bukan hanya untuk mahasiswa dan alumni perguruan tinggi.

Menurut salah satu pengunjung yang masih berstatus mahasiswa bernama Romi Kharisnawan (Sistem dan Teknologi Informasi 2008), "Konsep dari acara ini sangat menarik dan cukup unik karena bukan hanya sekedar pameran perusahaan, tetapi juga ada beberapa perusahaan yang mengadakan tes penerimaan langsung ditempat, saya sendiri mengalaminya di hari terakhir. Selain rekrutmen pekerjaan, banyak juga tawaran untuk internship bagi yang masih berstatus mahasiswa maka dari itu acara ini juga sangat direkomendasikan bagi mahasiswa tingkat akhir."


scan for download