Implementasi Renstra 2021-2025, ITB Semakin Memperkuat Sistem Multikampus

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana

BANDUNG, itb.ac.id – Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Nomor 120/IT1.A/KM/2023 tentang Pelaksanaan Kegiatan Akademik Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB Kampus Jatinangor, Mahasiswa Baru Program Sarjana Angkatan 2023 akan melaksanakan TPB di ITB Kampus Jatinangor. Hal ini merupakan salah satu penerapan konsep multikampus yang dilakukan ITB.

Untuk itu, pada rangkaian Penyambutan Mahasiswa Baru (PMB) 2023 terdapat Sesi Multikampus. Sesi ini diselenggarakan secara daring pada Kamis (3/8/2023) dan ditujukan untuk calon mahasiswa baru Program Sarjana jalur Seleksi Mandiri (SM), Afirmasi dan Kelas Internasional, serta Program Pascasarjana dan Profesi. Kegiatan serupa juga telah dilakukan untuk calon mahasiswa baru dari jalur SNBT dan SNBP pada Juli 2023.

Narasumber yang hadir antara lain Direktur Pengembangan ITB, Dr. Firmansyah, S.T., M.T., Kasubdit Akademik, Kemahasiswaan dan Hubungan Masyarakat Kampus ITB Jatinangor, Dian Rosleine, Ph.D., serta Kepala Subdirektorat Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Gita Winata, S.Ds., M.Ds. Sesi ini dipandu oleh Bihurin Salsabila Firdaus (Sistem Teknologi Informasi, 2022) selaku Duta Multikampus ITB 2023.

Mengawali pemaparan, Dr. Firmansyah menjelaskan Rencana Strategis (Renstra) ITB 2021 – 2025 yang memiliki tagline ‘Locally Relevant, Globally Respected’. Dalam renstra tersebut, tahun 2023 hingga 2024 berfokus pada sistem multikampus. Adapun yang termasuk dalam multikampus ITB yaitu ITB Kampus Ganesha, Jatinangor, Cirebon, dan Jakarta. Selanjutnya, terdapat penjelasan untuk masing-masing kampus.

\

ITB Kampus Ganesha merupakan kampus utama ITB yang terletak di Jalan Ganesha No. 10, Bandung. Kampus ini memiliki luas sekitar 28 hektar. Beberapa fasilitas yang terdapat di sekitar ITB Kampus Ganesha antara lain aula, sarana olahraga (running track, lapangan, kolam renang), klinik, masjid, dan asrama.

ITB Kampus Jatinangor berlokasi di Jalan Let. Jen. Purn. Dr. (HC). Mashudi N0.1/ Jl. Raya Jatinangor, Sumedang. Luasnya sekitar 47 hektar. Saat ini fasilitas di dalamnya meliputi gedung rektorat dan pusat administrasi, gedung fakultas, ruang kelas, dan laboratorium. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung di antaranya perpustakaan, sarana olahraga, dan asrama. Untuk menunjang kegiatan akademik TPB, beberapa fasilitas di Kampus ITB Jatinangor sedang dalam tahap renovasi.

Kemudian terdapat ITB Kampus Cirebon yang telah dibuka sejak tahun akademik 2016/2017. Terdapat dua lokasi kampus di sana yakni di Kecamatan Watubelah dan Kecamatan Arjawinangun. Program studi yang melaksanakan perkuliahan di kampus ini yaitu Sarjana Perencanaan Wilayah dan Kota, Sarjana Teknik Geofisika, Sarjana Teknik Industri, dan Sarjana Kriya.

Sementara itu, ITB Kampus Jakarta berada di TK Low Center for Executive Education Graha Irama (Indorama), 12th floor Jl. HR. Rasuna Said Kav. 1-2, Jakarta. Untuk saat ini, di kampus ini khusus untuk program studi Master of Business Administration (MBA).

Reporter: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota, 2019)


scan for download