HIMATIKA ITB Gelar Career Talk "From Classroom to Career: The Journey Starts Now"

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Matematika dan Aktuaria (HIMATIKA) ITB menyelenggarakan Career Talk bertema "From Classroom to Career: The Journey Starts Now" secara daring, Sabtu (23/06/2023). Kegiatan ini menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa memahami dunia magang dan persiapan menuju karier yang cerah.

Narasumber pertama, mahasiswa Matematika angkatan 2019, Andika Zidane Faturrahman, berbagi pengalaman magangnya di Telkom Direktorat Digital Business. Dia menjelaskan proses rekrutmen yang diikuti meliputi pendaftaran posisi data scientist, seleksi administrasi, sesi wawancara, pengumuman kelulusan magang, hingga pelaksanaan on-job training.

Dijelaskan pula sistem kerja Work From Gathertown, sistem magang yang diterapkan di tempatnya magang. Dengan sistem ini, setiap peserta ditempatkan dalam suatu bidang yang dipimpin oleh seorang Supervisor (SPV). Saat magang, Andika terlibat dalam proyek Digital Twin, yakni rekonstruksi virtual berdasarkan objek nyata. Proyek ini menggunakan model Machine Learning tingkat tinggi seperti Neural Radiance Fields (NeRF) untuk merekonstruksi lingkungan 3D dari foto atau video.

   

Adapun selama magang ada beberapa tantangan yang dihadapinya, seperti pembelajaran mandiri dalam pemrograman dan studi literatur, serta adaptasi dengan lingkungan kerja baru. Namun, dari hal tersebut, Andika memperoleh banyak pengetahuan esensial bagaimana menjadi seorang data scientist.

Sementara itu, narasumber kedua, mahasiswa Aktuaria angkatan 2019, Bagas Caesar, berbagi pengalaman magangnya di AXA Financial Indonesia. Dia menjelaskan bahwa magang merupakan kesempatan kerja sementara yang memberikan pelatihan praktis di bidang karier tertentu. Dengan hal tersebut akan didapatkan pengembangan keterampilan, jaringan profesional, dan peningkatan resume.

Bagas pun berbagi tips untuk mendapatkan magang di tempat yang dituju, dimulai dengan persiapan resume dan surat lamaran yang menonjolkan keterampilan dan pengalaman yang relevan, hingga memanfaatkan portal pekerjaan daring seperti LinkedIn, Indeed, JobStreet, dan berbagai portal lainnya.

Career Talk HIMATIKA ITB memberikan wawasan tambahan kepada mahasiswa tentang dunia magang dan langkah awal menuju dunia kerja. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan pengetahuan yang diperoleh dari narasumber dapat menginspirasi mahasiswa ITB dalam mempersiapkan diri meraih masa depan yang cerah.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufa Hafizh


scan for download