Generasi Bebas Kertas dengan Wordpress

Oleh kristiono

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Mengelola blog hendaknya konsisten, tak peduli seberapa sering kita sempat memberbaharui isi, yang penting konsisten. Selain itu, blogger juga sebaiknya memiliki fokus tema dalam menulis, sehingga bisa menarik pembaca tetap. Bahasan isi dalam blog tak kalah penting, bermodal konten berkualitas, blog akan cepat menarik pembaca. Terakhir blog harus beda, unik dari yang lain.

Blog merupakan media elektronik yang dapat mengurangi efek rumah kaca. Hal ini karena, blog menjadi media alternatif disamping kertas konvensional. Menulis dengan kertas, yang berbahan baku bubur kayu, secara tidak langsung menambah banyaknya pohon yang ditebang. Hal tersebut mengemuka selama diskusi bertema penggunaan Wordpress di kalangan professional dalam  puncak acara "Paperless Generation with Wordpress" di Ruang Multimedia ComLabs ITB, Senin (19/01).

Tidak hanya membahas kaitan blog dengan isu lingkungan, acara ini juga mengupas kiat menulis blog yang baik, cara mengelola situs blog dengan benar, dan hingga cara-cara mendapat penghasilan melalui blog.

Diskusi yang dipadati pelajar SMA Kota Bandung ini menghadirkan pembicara CEO Asia Blogging Network Budi Putra, Personel BlogDetik Donny BU, Dosen ITB Dr. Taufikurahman, Jonru dari Penulislepas.com dan Ryan Koesuma dari Deathrockstar.info. Acara yang terselenggara atas kerjasama Bandung Blog Village, Keluarga Mahasiswa ITB dan ComLabs USDI ITB ini sekaligus menjadi penutup kompetisi mading online antar mahasiswa SMA/SMK Kota Bandung.

Wordpress, penyedia situs blog gratis, memiliki acara mading online bagi para siswa di SMA/ SMK. Peserta lomba madingonline berkompetisi dalam Bandung Blog Vaganza dengan menggunakan template wordpress yang telah disediakan.  Tim-tim peserta berasal dari SMAN 13, SMAN 4, SMAN 20, SMAN 15, SMA YAS, SMA BPI 1 serta SMKN 8, SMKN 12, SMKN 4 dan SMK Informatika.


scan for download