Forum Hadepan Diresmikan di ITB, Buka Wadah untuk Desain Produk di Indonesia

Oleh Anggun Nindita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id – Acara Product Design Week 2023 kembali digelar di Gedung Design Centre, Center for Arts, Design and Language (CADL) ITB Kampus Ganesha, Senin-Sabtu (9-14/10/2023).

Terdapat serangkaian agenda dalam kegiatan tersebut, termasuk IDVENTA (Pameran Karya Tugas Akhir Desain Produk ITB), Icon Arccade 2023, konferensi internasional yang membahas Seni, Desain, dan Kriya, serta Indonesia Industrial Design Student Award (IIDSA) 2023 sebuah ajang penghargaan untuk menghargai karya mahasiswa Desain Produk Indonesia.

Selain itu, Forum Hadepan diresmikan pada gelaran tersebut. Forum itu menjadi wadah yang mempertemukan mahasiswa/i Desain Produk (DP) dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Forum Hadepan merupakan inisiatif yang memungkinkan berbagi ide, berkolaborasi, dan pertumbuhan bersama antara himpunan mahasiswa desain produk di seluruh Indonesia. Dampak pandemi sebelumnya sempat membuat Forum Hadepan meredup. Kehadiran Product Design Week 2023 menjadi momentum untuk menghidupkan kembali forum ini.

   

Hadir pertama kali pada tahun 2010, forum tersebut awalnya digagas sebagai sarana bagi mahasiswa Desain Produk ITB melepaskan penat dan bersenang-senang. Namun, seiring berjalannya waktu, Forum Hadepan berkembang dan tumbuh menjadi wadah bagi mahasiswa Desain Produk di seluruh Indonesia untuk membuka peluang sinergi dan kreativitas. Meskipun sempat mengalami periode tidak aktif, pengaktifan Forum Hadepan dinilai menjadi sebuah keharusan untuk memperkuat eksistensi desain produk di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Peresmian dan diskusi Forum Hadepan ini dihadiri oleh perwakilan dari 19 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk ITB dan mencakup berbagai daerah, bahkan perguruan tinggi dari luar Pulau Jawa. Hal ini menunjukkan antusiasme dan dukungan luar biasa dari mahasiswa desain produk di seluruh Tanah Air.

Forum Hadepan diharapkan mampu memfasilitasi kolaborasi, berbagi ide, dan memperkuat hubungan antar mahasiswa, serta meningkatkan eksistensi ilmu desain produk di Indonesia, bukan hanya untuk generasi saat ini, tetapi juga bagi generasi yang akan datang di masa mendatang. Selain itu, dengan adanya forum tersebut, diharapkan mampu mendorong perkembangan ilmu desain produk ke level yang lebih tinggi dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi Indonesia bahkan dunia.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download