Fantasista: Program Statistik Futsal Karya Mahasiswa ITB

Oleh habiburmuhaimin

Editor -

Mahasiswa Pengembang Program BANDUNG, itb.ac.id - Beberapa hari yang lalu, surat kabar Kompas mengangkat berita mengenai Perkumpulan Sepakbola ITB yang menggelar kejuaraan futsal pertama memakai program statistik. Ini adalah pertama kali di Indonesia, sebuah kompetisi futsal resmi menggunakan program statistik. Ide di balik terobosan tersebut ada pada sekumpulan mahasiswa Informatika ITB yang kemudian mengembangkannya menjadi sebuah program yang kini telah digunakan pada berbagai ajang perlombaan futsal di tanah air. 
Berawal dari tugas mata kuliah Object Oriented Programming (OOP), Nadhira, Kaisar, Fahmi, Pudja, Tito, Agus, dan Faisal memilih untuk membuat program statistik tersebut. Kaisar berkisah, sebelumnya terjadi perdebatan yang cukup alot antara mereka bertujuh perihal program yang akan dikembangkan. Kesamaan kegemaran akan sepak bola, akhirnya, mengantar tujuh sekawan ini pada dua pilihan, yaitu membuat game sepak bola atau statistik futsal.  Dengan pertimbangan bahwa software statistik lebih berdaya guna, Nadhira dkk. sepakat untuk total membuat software Futsal Information and Statistic Manager "Fantasista".

"Fantasista" merupakan program statistik futsal lengkap pertama di Indonesia yang dapat menghitung berbagai variabel dalam futsal. "Fantasista" dapat digunakan untuk menganalisis pertandingan, diantaranya jumlah passing per orang, assist, ball possession, shot, shot on goal, goal, hukuman kartu, corner, penalti, steal, dan turn over. Data lengkap pertandingan ini, "Fantasista" bagi menjadi tiga tipe data, yaitu data per pemain, per tim, dan per babak, sehingga dapat mempermudah pelatih  dalam menganalisis pertandingan.

"Program statistik olah raga, baik dari luar negeri maupun angkatan atas IF kurang praktis karena membutuhkan empat operator atau lebih dalam pengoperasiannya," ujar Fahmi. Berbeda dengan "Fantasista", program ini hanya membutuhkan satu orang dari masing-masing tim untuk mencatat statistik pertandingan futsal secara real time. Graphical User Interface (GUI) pada program tersebut merepresentasikan kondisi nyata, lengkap dengan lapangan, gawang, dan lima pemain di posisinya masing-masing.   Seorang operator cukup memperhatikan pertandingan dan,kemudian, meng-'klik' tampilan tersebut (GUI) karena program secara otomatis dapat mengetahui perubahan-perubahan pada pertandingan. "Operator meng-'klik' pemain 1 dari tim A, kemudian meng-'klik' pemain 2 dari tim A, itu dihitung menambah satu operan tim A," kata Tito. Tito juga memaparkan jika kemudian operator meng-'klik' pemain tim B maka dihitung sebagai turn over. "Kalau meng-'klik' gawang artinya gol !" tambah Tito. Program ini dibuat dalam kurun waktu tujuh bulan dengan 17.002 baris kode di dalamnya.  

Selain digunakan untuk pemilihan strategi pertandingan oleh pelatih, program ini diharapkan dapat membantu pelatih dalam menentukan tipe dan porsi latihan kepada para pemainnya. "Memajukan olahraga futsal nasional," ujar Fahmi dengan semangat. Kedepan, program statistik futsal ini, kata Tito, akan ditransformasikan ke format sepak bola konvensional.

Beberapa ajang perlombaan futsal yang telah menggunakan jasa program ini adalah Indonesian Futsal League 2008 yang diadakan di 3 Kota, yaitu Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta dan Bandung University Futsal Competition (BUFC) yang diselenggarakan oleh Persatuan Sepakbola ITB.

scan for download