Coaching Clinic Futsal, Belajar Langsung dari Sang Ahli

Oleh niken

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Senin(17/11) bertempat di Ruang 29 Campus Center, dilaksanakan coaching clinic futsal. Coaching Clinic Futsal adalah wujud fasilitasi panitia Olimpiade kepada himpunan-himpunan (peserta Olimpiade) dengan memberikan pelatihan singkat yang diberikan oleh pelatih futsal profesional. Atlet-atlet himpunan yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat menyampaikan ilmu dan semua yang didapat dari acara coaching ini kepada rekan-rekan di himpunan, sehingga tujuan peningkatan kualitas permainan pada pelaksanaan Olimpiade dapat dicapai.
Acara coaching clinic ini terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi teori yaitu pemberian teori permainan futsal oleh pelatih profesional kepada atlet himpunan yang dilaksanakan didalam ruangan, dan sesi praktek yang merupakan penerapan teori permainan yang telah diberikan di lapangan. Hadir sebagai ahli, Venard Hutabarat, pelatih dan mantan pemain Tim Nasional Futsal Indonesia, yang khas dengan gaya dan warna rambut yang sering berganti-ganti.

Walaupun berbeda dengan sepak bola, namun futsal identik dengan permainan tersebut, yang membedakan keduanya adalah sisi ukuran lapangan, peraturan permainan, jumlah pemain dan cara bermain. Ukuran lapangan futsal yang lazim digunakan adalah panjang (42 m, 38 m, 25 m) dan lebar (22 m, 18 m, 15 m). Jumlah pemain pada sepak bola berjumlah 11 orang, sedangkan pada futsal hanya 5 orang.
Untuk melakukan futsal dengan baik, konsep dasarnya ialah melakukan pemanasan, melaksanakan pencapaian hasil, dan tidak lupa melakukan pendinginan atau pemulihan kondisi pada akhir permainan.

Pada dasarnya permainan futsal mengandalkan kecepatan dan kekuatan/ketahanan fisik disamping inteligensia masing-masing pemain. Kondisi fisik yang minimal dimiliki seseorang saat bermain futsal ialah keseimbangan (balance), koordinasi (coordination), kekuatan (strength), kecepatan (speed), ketahanan (endurance), dan kelenturan/keluwesan (flexibility). Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus baik, namun pengendalian emosi dan kesabaran pemain juga diperlukan saat melakukan permainan.
Disampaikan oleh Venard, bahwa taktik merupakan penjumlahan antara sistem dan strategi, dimana sistem adalah pola apa yang digunakan saat melakukan awal permainan, sedangkan strategi adalah bagaimana cara menetapkan pola permainan.

Pada kesempatan praktek di Gedung Serba Guna, Venard mempraktekkan teknik-teknik bermain futsal seperti bagaimana melakukan ground ball, air ball, drigling, juggling, dan blocking. Para peserta tampak sangat antusias karena dihadapkan dengan praktek langsung dengan sang ahli.

Acara Coaching Clinic Futsal ini merupakan salah satu dari rangkaian acara pra-Olimpiade 2009. Acara pra-Olimpiade akan dilanjutkan dengan pelaksanaan Coaching Clinic Catur pada Kamis(20/11) mendatang, menghadirkan Utut Adianto (Grand Master Catur Indonesia) dan Steffani Dian Cheri (Atlen PON Catur).

scan for download