Exhibition Day for 50 Young Entrepreneurs: Mencetak Pengusaha dari Lingkungan Kampus

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pengusaha merupakan elemen penting dalam memajukan perekonomian bangsa. Career Center Lembaga Kemahasiswaan ITB bekerjasama dengan Bank BNI mendukung penuh pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui Exhibition Day for 50 Young Entrepreneurs di Aula Timur ITB pada Rabu (28/11/12) lalu. Acara ini menampilkan produk-produk inovatif dari para pengusaha di lingkungan kampus ITB.

"Berdasarkan tujuan pendidikan ITB, kami bekerjasama dengan BNI menyelenggarakan acara ini untuk memberikan sarana dan bimbingan kepada 50 mahasiswa dan alumni yang berniat menjadi pengusaha," ungkap Direktur ITB Career Center, Dr. Bambang Setia Budi, dalam sambutannya.

Pameran ini sendiri merupakan salah satu acara dari rangkaian program BNI Mitra Kampus. Para entrepreneur yang mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran pada bulan Oktober lalu diminta untuk membuat proposal dan mempresentasikan rencana bisnis mereka. Di sini orisinalitas gagasan dan pengetahuan peserta dari sisi science, art, dan technology terhadap produknya diuji. Dari proses seleksi tersebut disaring 50 proyek bisnis dari 132 peserta.

Berikan Hibah 10 Juta dan Pendampingan

Selanjutnya para peserta mendapat kesempatan untuk memperluas usahanya dengan mengikuti program Classical and Capacity Building (November 2012), Coaching dan Pendampingan Usaha (Desember 2012-Juni 2013), serta Evaluasi Peserta (Juli 2-13). Selain memberikan bimbingan, BNI juga memberikan hibah sebesar Rp 10 juta kepada setiap peserta untuk mengembangkan bisnisnya.

Berbagai produk ditampilkan dalam pameran ini yang meliputi berbagai bidang, mulai dari kuliner, fashion, hingga teknologi informasi. Bukan hanya berupa produk jadi, para pengusaha muda ini juga menawarkan konsep inovasi jasa yang unik. Para pengunjung tampak antusias saat menanyakan spesifikasi dan mencoba berbagai produk yang tersedia.

Selain memperkenalkan produknya di booth-booth pameran, peserta juga mendapatkan kesempatan melakukan presentasi dan melakukan tanya jawab dengan pengunjung di atas panggung. Melalui program ini, ITB berharap tidak hanya dapat mencetak para professional di bidang masing-masing tetapi juga menghasilkan alumni yang memiliki bekal dan keinginan untuk menjadi pengusaha dan membangun perekonomian Indonesia.

Oleh: Farisa Nabila [IJA 2012]


scan for download