E-Fest PMWxTOP ITB 2021 Batch 1 Lahirkan Wirausaha Muda dari ITB

Oleh Adi Permana

Editor Vera Citra Utami


BANDUNG, itb.ac.id—Guna mendukung ITB menjadi entrepreneur university, Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dari ITB Career Center berkolaborasi dengan Technopreneurship Orientation Program (TOP) dari Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB membentuk program inovasi dan kewirausahaan PMWxTOP yang dimulai sejak tahun 2020.

PMWxTOP memberikan fasilitas kepada mahasiswa untuk mengembangkan produknya dan mendorong kemampuan kewirausahaan berupa bantuan dana Rp10-15 juta untuk setiap kelompok yang berpotensi, coaching, workshop, dive in session, hingga tahap akhir yaitu virtual entrepreneur festival yang diselenggarakan pada Sabtu (5/6/2021) dengan tema “Finish what do you start as Young Technopreneur. Break a Leg and Never STOP.”

Pada festival ini, terdapat pameran yang diikuti oleh 22 finalis PMWxTOP ITB 2021 Batch 1 dan diselenggarakan melalui laman virtualfairpmw.itb.ac.id. Adapun peserta yang mengikuti rangkaian program ini dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu kategori Scale Up untuk peserta yang sudah pernah mengikuti PMWxTOP batch sebelumnya atau bisnisnya sudah berjalan dan kategori Start Up untuk peserta yang belum pernah mengikuti PMWxTOP atau bisnisnya baru akan berjalan.

Festival ini juga dilengkapi dengan talkshow bersama tiga orang ahli praktisi kewirausahaan dari berbagai bidang, yaitu Arizky Iriawansyah selaku Micro Banking Cluster Manager Bank Mandiri, Terry Djoni selaku Founder Chatbiz.id, dan Ardyka Perdana Putra sebagai CEO Indismart serta keynote speech dari Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM RI Ir. Victoria Br Simanungkalit, M.M. atau yang akrab disapa Vicky.

Menurut Vicky, banyaknya UMKM yang belum memiliki jiwa kewirausahaan yang optimal membuat usaha mikro sulit berkembang menjadi usaha kecil maupun menengah. Selain itu, bonus demografi yang diperkirakan mencapai 174,79 juta pemuda pada tahun 2024 seharusnya menjadi peluang lahirnya pelaku usaha.
“Ini menjadi PR untuk kita, termasuk perguruan tinggi, untuk mempersiapkan secara komprehensif anak-anak kita ini menjadi entrepreneur yang profesional dan mampu bersaing di pasar global,” ucapnya.

Di akhir acara, empat tim diumumkan sebagai pemenang PMWxTOP ITB 2021 Batch 1. Studi.in yang dapat mempertemukan siswa dengan tutor yang dibutuhkan berhasil menjadi Best Team, Lapak Coret yang mengusung platform seni rupa dan desain berbasis online pertama di Indonesia dinobatkan sebagai Most Profitable, OtoPal yang bergerak di bidang otomotif memenangkan nominasi Best Booth, dan Ringkai menjadi Most Favourite dengan inovasi dehydrated food dari bahan baku yang tidak memenuhi syarat namun masih bisa dikonsumsi dengan menggunakan dehidrator listrik.

*Logo Stud.in, Lapak Coret, OtoPal, dan Ringkai

Program kewirausahaan ini direncanakan akan diselenggarakan sebanyak dua kali tahun ini. Para mahasiswa yang mengikuti program ini juga bisa melakukan klaim sejumlah 3-5 SKS dalam semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek RI. Anda dapat berkunjung ke laman karir.itb.ac.id/entrepreneurship untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai PMWxTOP Batch 2 2021 yang akan mulai dilaksanakan pada Juli mendatang.

Reporter: Ristania Putri Wahyudi (Matematika, 2019)


scan for download