Donor Darah IPFEST 2024: Membangun Solidaritas dan Kemanusiaan

Oleh M. Naufal Hafizh

Editor M. Naufal Hafizh

Lebih dari 30 orang mengikuti donor darah IPFEST 2024 yang diadakan di Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) ITB Kampus Ganesha, Senin (12/2/2024). (Dok. Panitia IPFEST 2024)

BANDUNG, itb.ac.id – Kegiatan tahunan Integrasi Petroleum Festival (IPFEST) digelar kembali pada tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tiga organisasi di Teknik Perminyakan Institut Teknologi Bandung (ITB), yakni Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan “PATRA” (HMTM) ITB, Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia Seksi Mahasiswa (IATMI SM) ITB, dan Society of Petroleum Engineer ITB Student Chapter (SPE ITB SC).

Acara berbasis kompetisi perminyakan internasional ini hadir dengan tema "Innovate in Harmony for Future Energy Sustainability" yang bertujuan menggali ide-ide kreatif dan solusi inovatif dalam mendukung keberlanjutan energi di masa depan.

Donor darah pada IPFEST 2024 dilakukan untuk berkontribusi bagi sesama. (Dok. Panitia IPFEST 2024)

Terdapat berbagai kegiatan, salah satunya pre-event IPFEST 2024, yakni donor darah dengan tema “Heroes in Red: Saving Lives, One Pint at a Time”.

Donor darah ini merupakan kolaborasi antara IPFEST dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung. Kegiatan diadakan pada Senin (12/2/2024) di Gedung Center for Research and Community Service (CRCS) ITB Kampus Ganesha.

Sebagai bagian dari misi IPFEST, kegiatan donor darah tidak hanya untuk menyatukan mahasiswa dalam kompetisi sebuah perminyakan, tetapi juga sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat.

Executive Director IPFEST 2024, Revino Raditya Rama (TM, 2021), mengatakan, "Latar belakang dari acara ini adalah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar ITB, terutama di Bandung. IPFEST bukan hanya tentang kompetisi untuk mahasiswa, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat berkontribusi kepada masyarakat," ujarnya.

Lebih dari 30 orang telah mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Kerja sama dengan PMI Kota Bandung memastikan bahwa proses donor darah berjalan lancar dan aman bagi para peserta.

Salah seorang donor, M. Adib Marsya Al Imamiy (TM, 21), mengatakan, "Saya merasa senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Selain mendukung acara IPFEST, saya juga merasa bahwa saya telah berkontribusi langsung dalam membantu sesama yang membutuhkan. Harapannya semoga kegiatan ini bisa memberikan kesempatan bagi sivitas akademika untuk bisa meresapi rasa kepedulian kepada sesama dan menjadi simbol itu sendiri atas kepedulian dan kebersamaan. Dan untuk teman-teman lain yang (juga mengikuti) donor (darah) semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita atas andil dalam menciptakan suasana yang saling peduli satu sama lain. Semoga lebih banyak juga kesempatan seperti ini hadir di lingkungan ITB," ujarnya.

Donor darah IPFEST 2024 juga menjadi ajang bagi mahasiswa ITB untuk menunjukkan kepedulian dan solidaritas mereka terhadap masyarakat sekitar. Diharapkan melalui kegiatan seperti ini, antusiasme mahasiswa ITB untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan akan semakin meningkat.

Donor darah IPFEST 2024 tidak hanya menjadi bagian dari persiapan menuju acara utama, tetapi juga menjadi momentum bagi mahasiswa untuk berbagi kasih dan membuktikan bahwa seluruh sivitas akademika ITB adalah agen perubahan yang peduli terhadap kemanusiaan.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika 2021)


scan for download