Raih Berbagai Prestasi di Bidang Geofisika, Leonardo Junior Ungkap Kiat Suksesnya pada SEG Your Signal 2.0

Oleh Anggun Nindita

Editor -

Leonardo sebagai pembicara pada SEG Your Signal 2.0, Minggu (10/3/2024). (Dok. SEG ITB SC)

BANDUNG, itb.ac.id - Society of Exploration Geophysicists Institut Teknologi Bandung Student Chapter (SEG ITB) mengadakan acara SEG Your Signal 2.0, pada Minggu (10/3/2024) yang diselenggarakan melalui platform Zoom. Tujuan dari acara tersebut adalah memberikan tips serta strategi untuk sukses di dunia kompetisi bidang geofisika.

Salah satu yang menjadi sorotan pada agenda ini adalah sosok Leonardo Junior Johan Solihin, yang merupakan mahasiswa Teknik Geofisika ITB. Dia terkenal atas prestasinya dalam berbagai kompetisi geofisika dan kini hadir sebagai pembicara agenda tersebut.

Acara SEG Your Signal 2.0 membahas tema "Cara Menjadi Pemenang dalam Kompetisi," yang memberikan peserta insight dan strategi untuk unggul dalam kompetisi geofisika. Agenda ini dikemas menarik dalam diskusi interaktif dan presentasi.

Leonardo sendiri sudah aktif dalam komunitas geofisika, yang telah diakui juga prestasinya dalam berbagai kompetisi. Selain itu, dia pun telah mendapatkan beragam penghargaan di bidang ini.

Leonardo ketika mengikuti perlombaan yang diselenggarakan oleh ESTECH 2023 di Universiti Teknologi Petronas, Malaysia. (Dok. Leonardo Junior Johan Solihin)

“Kompetisi adalah perlombaan antar individu atau kelompok untuk meraih kemenangan dan kejayaan. Mengikuti kompetisi penting karena memberikan pengalaman, pelatihan, keterampilan baru, sumber keuangan, memperluas relasi, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kesuksesan," ujarnya.

"Selain itu, kompetisi mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang optimal dalam mencapai prestasi,” lanjutnya.

Leonardo bersama rekannya ketika mengikuti perlombaan Student Competition yang diselenggarakan oleh Pekan Ilmiah Tahunan HAGI 2022 di Malang. (Dok. Leonardo Junior Johan Solihin)

Dalam kesempatan ini, Leonardo memperkenalkan konsep-konsep penting dan memberikan contoh kasus untuk membantu peserta memahami tema Paper&Competition. Kemudian dia memberikan umpan balik yang berharga kepada peserta, mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif.

Acara ini tidak hanya menyoroti keterampilan teknis, tetapi juga pentingnya keterampilan komunikasi dan jaringan. Kompetisi tidak hanya tentang keahlian teknis, tetapi juga tentang bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dan membangun jejaring yang kuat.

Peserta pun diajak untuk mempertimbangkan adanya dampak kemenangan dalam kompetisi. Sekaligus bagaimana hal tersebut dapat memengaruhi karier dan pengembangan pribadi mereka di masa depan.

Leonardo pun memberikan pesan kepada para peserta untuk tidak ragu mencoba memulai kompetisi. "Mulai saja dulu, jangan takut gagal. Dari situlah kamu akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang luar biasa," ungkapnya.

Dia pun mengingatkan bahwa ketakutan untuk berkompetisi adalah hal yang wajar, tetapi yang penting adalah memiliki keberanian untuk mencoba. Dengan memulai langkah pertama, kita dapat membangun kepercayaan diri dan melangkah menuju kesuksesan yang kita impikan.

Reporter: Rayhan Adri Fulvian (Teknik Geofisika, 2021)


scan for download