PMB FMIPA ITB 2023 Jadi Pijakan Mahasiswa Baru Semangat Berinovasi dan Raih Prestasi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

JATINANGOR, itb.ac.id – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar penyambutan mahasiswa baru untuk program sarjana angkatan 2023, di Gedung Serba Guna (GSG), ITB Kampus Jatinangor, Selasa (15/08/2023). Wakil dekan, para dosen, hingga tenaga kependidikan di FMIPA ITB antusias menyambut mahasiswa baru.

Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA, Prof. Dr. Rukman Hertadi, S.Si., M.Si., dalam sambutannya berharap mahasiswa memiliki kemampuan analitis yang baik dan keterampilan eksperimental yang andal. Beliau pun mengingatkan pentingnya minat, komitmen terus belajar, dan komunikasi yang baik yang menjadi bekal sukses menjalani perkuliahan maupun saat berkarier.

Selain itu, beliau menyampaikan bahwa dosen di FMIPA ITB siap memberikan dukungan dalam aspek akademik dan nonakademik, serta mengingatkan para mahasiswa memanfaatkan fasilitas kampus dengan baik, salah satunya klinik TPB (Tahap Persiapan Bersama). Diharapkan dengan program tersebut mahasiswa baru dapat melewati masa TPB dengan sukses dan meraih prestasi gemilang.

Beliau juga menyampaikan masa studi rata-rata mahasiswa adalah 8,8 semester. Meski ada toleransi keterlambatan hingga 1 semester, tetapi mahasiswa diingatkan tetap mematuhi batasan waktu agar perjalanan akademik tidak terhambat. Tantangan seperti masalah kesehatan, baik fisik maupun psikologis, diakui pula sebagai hal yang kerap terjadi saat menjalani perkuliahan. Mahasiswa dianjurkan aktif berkomunikasi dengan dosen wali dan memanfaatkan layanan bimbingan konseling yang disediakan kampus.

Dalam PMB kali ini, seorang mahasiswa berbagi kiat sukses manajemen waktu dan mencapai prestasi luar biasa di berbagai bidang. Dukungan dari dosen dan komunitas, serta kemauan untuk keluar dari zona nyaman, menjadi dua dari banyak poin penting yang dia bagikan kepada mahasiswa lain. Hal tersebut menjadi pendorong bagi mahasiswa untuk tetap bersemangat, berinovasi, dan meraih impian karier di masa depan.

Penulis: Hafsah Restu Nurul Annafi (Perencanaan Wilayah dan Kota 2019)

Editor: M. Naufal Hafizh


scan for download