PMBP-ITB 2010 di Daerah Sukses Diselenggarakan di Berbagai Kota

Oleh Christanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Minggu (28/03/10) menjadi hari terakhir pelaksanaan rangkaian Penelusuran Minat, Bakat, dan Potensi (PMBP) ITB 2010 di Daerah. Setelah diselenggarakan di beberapa kota khususnya di luar Pulau Jawa pada 13-14 Maret lalu, rangkaian PMBP-ITB di Daerah dilanjutkan pada 27-28 Maret 2010. Kampus ITB menjadi salah satu lokasi tes yang disesaki oleh ribuan peserta yang mendambakan kursi mahasiswa baru di ITB.
Psikotes menjadi mata tes pertama yang harus dilalui oleh para peserta PMBP-ITB di Daerah. Seluruh peserta yang berasal dari berbagai SMA di Bandung dan sekitarnya ini disodori berbagai bentuk bundel soal yang menguji intelejensi, kepribadian, dan produktivitas calon mahasiswa ITB ini. Setelah beristirahat, para peserta yang memilih Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) sebagai salah satu pilihannya juga diharuskan mengikuti tes Kemampuan Seni Rupa.

Tidak berbeda jauh dengan hari pertama, PMBP-ITB dilanjutkan berbagai rangkaian tes yang menguji kamatangan calon mahasiswa. Khusus hari kedua ini, mata tes yang diujikan lebih bersifat menguji kemampuan minat, bakat, serta akademis peserta. Para peserta tampak mengerjakan soal-soal Tes Bakat Skolastik dan Bahasa Inggris yang diikuti seluruh peserta.

Untuk peserta yang memilih jalur Sains dan Teknik, tes kemudian dilanjutkan dengan tes Matematika Dasar (termasuk yang memilih Sekolah Bisnis dan Manajemen), beserta MIPA Terpadu. "Cukup menguji pengetahuan materi dan konsep," komentar Yuni Nuraini, salah satu peserta PMBP-ITB di Daerah yang mengambil lokasi tes di kampus ITB ini.


Semangat Antusiasme

27-28 Maret 2010, kampus ITB dipenuhi sebagian besar para pelajar SMA yang berseragam. Walaupun sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas di sekitar lokasi kampus, hal ini menunjukkan betapa semangat dan antusiasnya ribuan peserta untuk menjadi mahasiswa baru ITB tahun 2010.

Aulia Akbar, pelajar SMAN 25 Bandung merupakan salah satu peserta PMBP-ITB di Daerah yang sangat mendambakan salah satu kursi di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. "Pengennya sih ke Desain Komunikasi Visual," ujar Akbar. Bahkan, Akbar telah mempersiapkan segala skema tes-tes yang ada di PMBP-ITB ini. "Cuma pas psikotes kemarin, agak terburu-buru mengerjakan soal tersebut," tambahnya.

PMBP-ITB di Daerah yang berlangsung di kampus ITB ini ternyata tidak hanya diikuti peserta dari kota Bandung saja. Ipah Nurkhalifah (SMAN 1 Pabuaram) merupakan salah satu peserta yang berasal dari kota Subang, Jawa Barat. Ipah mengaku telah datang ke kota Bandung sejak pukul 14.00 WIB pada hari sebelum pelaksanaan PMBP-ITB di Daerah, dan memilih untuk menginap di salah satu penginapan di Bandung.

Berbeda dengan Akbar yang hanya memilih FSRD sebagai satu-satunya pilihan, Ipah memiliki dua opsi pilihan, yaitu Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Namun, baik Akbar maupun Ipah optimis bahwa mereka bisa diterima di ITB. "Insya Allah bisa diterima di FTI, dan Teknik Industri tahun depannya," ujar Ipah.

Pengumuman kelulusan PMBP-ITB 2010 di Daerah ini rencananya akan diumumkan pada pertengahan bulan April 2010. Untuk informasi lengkap, silahkan mengunjungi http://usm.itb.ac.id

scan for download