Berikan Layanan Kesehatan, ITB Adakan Pemeriksaan Pap Smear Gratis Bagi Karyawan Wanita

Oleh Shabrina Salsabila

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam upaya penanggulangan dan deteksi dini kanker, UPT Pelayanan Kesahatan - Bumi Medika Ganesha (BMG) kembali menyelenggarakan pemeriksaan pap smear gratis untuk seluruh pegawai dan dosen wanita ITB. Pada tahun ini BMG menggandeng Yayasan Kanker Indonesia Cabang Jawa Barat untuk bekerja sama dalam menyelenggarakan acara ini. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari yaitu pada Senin-Jumat (21-25/04/14) setiap pukul 08.00-13.00 WIB dan bertempat di UPT BMG Jalan Gelap Nyawang No. 2 Bandung.

Pemeriksaan pap smear atau tes pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisis untuk mendeteksi kanker leher rahim sejak dini. Selain itu, dengan tes ini juga dapat ditemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga dapat segera dilakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan.

Kegiatan pemeriksaan gratis ini telah rutin dilaksanakan tiap tahunnya oleh UPT BMG sejak tahun 2011.  Pada tahun ini pemeriksaan diikuti oleh kurang lebih 90 pegawai dan dosen wanita ITB. Pemeriksaan gratis ini dinilai sangat menguntungkan bagi para karyawan, salah satunya adalah Ratih yang bekerja di Lembaga Tahap Persiapan Bersama (LTPB) ITB yang rutin mengikuti program pemeriksaan pap smear gratis ini tiap tahunnya. "Kalau ke rumah sakit kan lumayan bayarnya mbak bisa sampai ratusan ribu, jadi program ini sangat menguntungkan dan penting juga untuk mendeteksi kesehatan rahim bagi wanita," ujar Ratih.

Sekilas UPT Pelayanan Kesehatan - Bumi Medika Ganesha

Pada tanggal 28 Februari 1977 UPT Pelayanan Kesehatan - BMG didirikan dengan nama Balai Kesehatan Idhata yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 bidan dan 1 mantri. Balai kesehatan ini beroperasi di bagian barat ITB antara laboratorium radar dan bagian mesin. Pada tanggal 21 Maret 1981, Balai Kesehatan Idhata Komisariat ITB berganti nama menjadi Balai Kesehatan Keluarga ITB dan pindah lokasi ke Jalan Tamansari No. 80. Pelayanan yang diberikan berkembang, dengan penambahan fasilitas foto rontgen dan dokter gigi. Memasuki status Badan Hukum Milik Negara (BHMN), pada tanggal 1 April 2004, ITB membentuk Pusat Pelayanan Kesehatan Bumi Medika Ganesa (BMG) sebagai auxiliary unit yang mendukung proses belajar mengajar dan kesejahteraan seluruh civitas akademika ITB. BMG ini merupakan penggabungan Balai Pengobatan Keluarga ITB dan Apotek Ganesa. Pengelolaannya di bawah tim manajer yang beranggotakan staf pengajar ITB.

Hingga saat ini pelayanan yang diberikan oleh UPT - BMG telah berkembang meliputi praktek dokter umum, dokter gigi, dokter spesialis, pemeriksaan rontgen dan Elektro Kardiografi (EKG), pembuatan surat kesehatan sehat (SKS), pemeriksaan laboratorium klinis, penyediaan obat, praktek akupunktur, dan fisioterapi. Layanan ini tak hanya diberikan bagi civitas akademika ITB tapi juga masyarakat umum.


scan for download