AMINEF Berikan Kesempatan Studi di Amerika Untuk Mahasiswa ITB

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Jumlah kesempatan yang ditawarkan pada mahasiswa ITB untuk berkembang saat ini bertambah dengan pesat.  Tak tanggung-tanggung, program yang ditawarkan berupa program melanjutkan studi di luar negeri. Salah satunya, pada Kamis (09/02/11), beberapa perwakilan The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), suatu lembaga yang memfasilitasi pertukaran pelajar Indonesia-Amerika, memberikan penjelasan mengenai beberapa program beasiswa bernama Fulbright  yang dibuka untuk tahun ajaran 2012-2013.

Program-program tersebut bervariasi diperuntukkan bagi mahasiswa S1, S2, dan S3. Kesamaan dari berbagai program itu adalah penerima beasiswa tidak perlu membayar apa pun yang berkaitan dengan studi di Amerika jika sudah diterima karena beasiswa- beasiswa ini bersifat penuh. Persyaratan untuk mendaftar program pun cukup sederhana, tak perlu surat keterangan telah diterima di universitas Amerika terlebih dahulu.

Alumni dari pemegang beasiswa Fulbright telah banyak yang menjadi pemimpin dan orang yang dikenal di negara ini. Beberapa diantaranya adalah Amien Rais dan Anies Baswedan. Saat ini pula ada beberapa lulusan ITB yang telah menjadi kandidat S3 di universitas terkenal di Amerika. Hal tersebut dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa dan lulusan ITB untuk mendaftar program beasiswa ini.

"Saya tertarik untuk mengikuti program ini karena teknologi di Amerika bisa mendukung bidang studi yang ingin saya ambil lebih lanjut yaitu Elektro", ujar Nadine Nandanari (Teknik Elektro 2008), salah satu mahasiswa yang menghadiri presentasi program Fulbright. "Selain itu saya ingin bisa berbahasa Inggris dengan fasih, terutama saat berbicara mengenai bidang studi saya."

Pendaftaran program beasiswa paling lambat tanggal 15 April 2011. Info lebih lanjut mengenai program beasiswa Fulbright dapat dilihat di sini.


scan for download