Gowes Game: Jelajahi Kota Bandung Secara Ramah Lingkungan

Oleh Bangkit Dana Setiawan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kabinet Keluarga Mahasiswa (KM) ITB  2014/2015 bekerja sama dengan unit Ganesha Bicycler menyelenggarakan acara Gowes Game pada Sabtu(21/02/15). Dimulai dari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB peserta diajak mengelilingi kota Bandung dengan menggunakan sepeda.  Antusiasme mahasiswa ITB dalam berpartispasi pada Gowes Game sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan lebih dari 60 orang yang mengikuti Gowes Game ini.

Gowes Game ini merupakan serangkaian rangkaian acara grand launching Gowes Ganesha dimana merupakan suatu gerakan untuk mengajak mahasiswa ITB untuk menggunakan sepeda kampus. "Paling tidak ada dalam sehari setiap minggu, mahasiswa ITB menggowes sepeda ke kampus," ungkap Jeffry Giranza (Teknik Geologi 2010) selaku presiden KM-ITB 2014/2015. Gowes game ini dilangsungkan setelah acara soft launching Gowes Ganesha pada November 2014 lalu.

Dalam acara Gowes Game, peserta menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi untuk menuju enam pos permainan di Kota Bandung. Monumen Perjuangan, Taman Cibeunying, Taman Musik, Taman Lalu Lintas, Taman Jomblo, dan Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) merupakan tempat-tempat yang dijadikan pos. "Para peserta diberikan suatu kata atau kalimat yang berupa petunjuk untuk melanjutkan ke pos berikutnya, dan banyak peserta yang nyasar akibat tidak dapat memecahkan petunjuk," jelas Ferosa Arsadita (Meterologi 2011) selaku perwakilan dari Kabinet KM-ITB.

Setiap tim yang terdiri dari empat orang diharuskan untuk mencari stiker huruf scrabble untuk menyusun kata-kata diakhir permainan di pos-pos yang telah ditentukan. Selain menyusun huruf scrabble, setiap tim yang ada juga berlomba-lomba dalam memposting foto di instagram dengan tema "Gerakan Pungut Sampah"dan "Yuk Gowes". Bagi tim yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak akan mendapatkan hadiah berupa 4 unit sepeda. "Selain itu, disediakan pula doorprize berupa perlengkapan bersepeda untuk tim dengan postingan foto terfavorit dan terunik di Instagram," jelas Ferosa.

Hadirnya acara Gowes Game ini diharapkan mampu menarik simpati mahasiswa dan masyarakat Bandung untuk lebih mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan beralih kepada sepeda atau transportasi umum. Hal ini sehubungan untuk menanggapi isu lingkungan, yakni tingginya emisi karbondioksida di bumi. "Selain itu, melalui acara Gowes Game ini diharapkan mahasiswa dapat mengenal tempat-tempat umum di Kota Bandung sekaligus memperingati Hari Peduli Sampah Nasional," ungkap Jeffry.


scan for download