ITB dan Hitachi Energy Tandatangani MoU untuk Kembangkan Inovasi di Bidang Pendidikan dan Teknologi

Oleh Anggun Nindita

Editor Anggun Nindita

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Hitachi Energy Indonesia pada Rabu (24/1/2024) di Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari, Bandung.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dan Country Managing Director Hitachi Energy Indonesia, Predrag Grupkovic.

Kesepakatan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang akademik, serta mendorong inovasi dan pengembangan teknologi yang dapat saling memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Dalam MoU tersebut terdapat poin-poin berbagai program dan kegiatan yang akan dilakukan bersama, termasuk program perekrutan lulusan baru yang berfokus pada jurusan teknik elektro untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa baru yang berminat di bidang tersebut. Kemudian terdapat program magang yang diperuntukkan bagi mahasiswa bidang teknik, IT, dan bisnis selama 3-6 bulan guna memberikan pengalaman di dunia kerja.

Lalu ada kegiatan studi bersama dengan menyelenggarakan studi tentang stabilitas jaringan listrik, studi interkonektivitas, sumber daya terbarukan, dan bidang lain yang menarik di bidang distribusi tenaga listrik dan otomasi. Selain itu juga terdapat program dukungan untuk kunjungan pabrik, kunjungan tahunan dan bursa kerja, proyek kolaborasi, dan membuka kemungkinan kerjasama di bidang lain.

Dalam sambutannya, Rektor ITB merespons positif atas adanya kerja sama ini.

"Kami menyadari kekuatan dan peluang yang belum dioptimalkan sepenuhnya adalah jaringan kami, mitra-mitra kami. Kami memiliki banyak MoU, tetapi kami sedang dalam proses mengoptimalkan semua jaringan kami," kata Prof. Reini.

Beliau juga menekankan pentingnya optimalisasi jaringan dan kerja sama dengan mitra. Menurutnya kerja sama ini sejalan dengan upaya ITB untuk menghasilkan pencapaian alternatif yang sesuai dengan fokus utama kampus, terutama di bidang penelitian dan analisis.

Selain itu, Prof. Reini juga mengutarakan bahwa ITB memiliki kebijakan untuk memperkuat kerja sama dalam bidang riset. Dalam upaya tersebut, kemitraan dengan perusahaan-perusahaan seperti Hitachi Energy diharapkan dapat memberikan kontribusi positif.

Di sisi lain, Predrag Grupkovic mengaku merasa bahagia dapat melanjutkan kerja sama yang telah berlangsung sejak tahun 2016. "Saya bangga dan sangat antusias menandatangani MoU ini, yang sebenarnya kelanjutan dari kerjasama jangka panjang kami," ujarnya.

Dia pun memberikan apresiasi terhadap pendidikan di ITB. Tak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa kerja sama dengan universitas adalah kunci dalam mendukung perkembangan teknologi dan inovasi.

"Kami butuh saling dukung untuk tetap sejalan dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat," ungkap Grupkovic.

Kerja sama ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat pada ITB dan Hitachi Energy Indonesia, tetapi juga pada perkembangan teknologi dan inovasi di tanah air. Selain itu, kerja sama tersebut juga dapat menjadi tonggak baru dalam rangka menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan mendukung transformasi teknologi di Indonesia.

Reporter: Iko Sutrisko Prakasa Lay (Matematika, 2021)


scan for download