Prof. Wenten Mendapat Penghargaan dari BPIP Lewat Inovasi Teknologi Membran

Oleh Adi Permana

Editor Adi Permana


BANDUNG, itb.ac.id—Prof. I Gede Wenten, S.Sc., Ph.D., mendapat penghargaan dari Badan Pembinaan Idelogi Pancasila tahun 2020 kategori sains lewat penelitiannya tentang teknologi membran di Fakultas Teknologi Industri (FTI) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Penghargaan tersebut diraih karena Prof. Wenten adalah penemu IGW Emergency Pump. Sebuah pompa yang dilengkapi filter untuk menyediakan air bersih dalam kondisi darurat. Untuk mengoperasikan pompa ini tak perlu menggunakan tenaga listrik.

Penghargaan tersebut diberikan di acara puncak penganugerahan BPIP yang disiarkan langsung secara langsung di TVRI Nasional dan akun Youtube BPIP pada Sabtu, 29 Agustus 2020. BPIP atau Badan Pembinaan Ideologi Pancasila menganugerahan 75 ikon apresiasi prestasi Pancasila 2020. Dalam keterangan pers yang diterima Humas ITB, penghargaan ini diberikan kepada orang yang memiliki prestasi dan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, serta dunia internasional. Apresiasi tersebut dibagi ke dalam lima kategori yaitu bidang olah raga, seni, budaya, sains, inovasi, kewirausahaan sosial dan penggerak lintas iman.

Lima kriteria dalam pemilihan ikon Prestasi Pancasila, ini di antaranya adalah warga negara Indonesia; memiliki rekam jejak positif, berprestasi, dan inspiratif; prestasinya diakui masyarakat dalam negeri dan internasional; tindakan dan karyanya memberikan dampak positif ke masyarakat; serta memberikan inspirasi ke lingkungan sekitar.

Prof. I Gede Wenten sendiri adalah Guru Besar di FTI ITB yang berhimpun dalam Kelompok Keahlian KK Perancangan dan Pengembangan Proses Teknik Kimia. Kini ia menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Inovasi dan Riset ITB periode 2020-2025.



scan for download