Kerja Sama Program Magang, ITB Jalin Nota Kesepahaman dengan IHI Corporation

By Adi Permana

Editor -

heavy industry


BANDUNG, itb.ac.id -- Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin nota kesepahaman bersama dengan IHI Corporation dalam bidang program magang mahasiswa. Bertempat di Ruang Rapim A, Gedung Rektorat ITB, Senin (9/3/2020), nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D., dengan Managing Executive Officer IHI Corporation Kouichi Murakami dan disaksikan oleh General Manager IHI Corporation Kantor Jakarta Nobuo Uematsu.

IHI sendiri adalah perusahaan asal Jepang yang bergerak dalam seperti produksi kapal, mesin aero, turbochanger untuk mobil, mesin industri, pembangkit listrik boiler, jembatan suspensi, mesin transportasi, dan fasilitas lainnya. Perusahaan tersebut berkantor pusat di Tokyo dan memiliki cabang di Jakarta.

Mewakili jajaran pimpian IHI Corporation, General Manager IHI Corporation Kantor Jakarta Nobuo Uematsu mengucapkan terima kasih banyak atas kerja sama yang sudah berjalan selama tujuh tahun dengan ITB. Program magang sendiri sudah berjalan sejak 2013 dengan jumlah mahasiswa ITB yang telah mengikuti program tersebut yaitu 20 orang. Mereka menjalani program magang baik di kantor pusat di Tokyo maupun di beberapa fasilitas produksi lainnya di Jepang. "Saya bersyukur kepada para dosen dan para mahasiswa yang sudah bekerja keras dalam melaksanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan program ini, sehingga program ini berjalan dengan baik," kata Uematsu.


*General Manager IHI Corporation Kantor Jakarta Nobuo Uematsu

Ia menambahkan, program magang mahasiswa ini sangat penting untuk IHI Corporation dan juga sangat baik sebagai koordinasi maupun korporasi sebagai dukungan kepada kemajuan Indonesia terutama dalam bidang pengembangan energi. "Semoga Indonesia semakin sukses dan ITB menjadi universitas terbaik di Indonesia dan di dunia," harapnya.

Menanggapi nota kesepahaman tersebut, Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah menyampaikan harapan besar bahwa dengan program magang ini mahasiswa bisa terjun langsung dan merasakan praktik di lingkungan industri. Hal tersebut sejalan dengan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia tentang Kampus Merdeka.


*Rektor ITB Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D

"Saya mengucapkan terima kasih karena sudah memilih ITB sebagai mitra kerja sama. Saya mendapatkan informasi bahwa kerja sama dengan ITB, dalam hal ini dengan FTMD ITB, sudah berjalan dan beberapa mahasiswa ITB telah diizinkan untuk melakukan magang di perusahaan, dan bekerja langsung di industri berskala internasional," ujarnya.

Prof. Reini juga meyakini, banyak mahasiswa ITB yang akan mendapatkan manfaat dari program magang ini terutama bagi calon-calon engineer di masa yang akan datang. Dia berharap, semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik, semakin terjalin erat, dan menghasilkan manfaat besar. "Saya sangat senang untuk menyampaikan bahwa ITB sangat mendukung kegiatan ini dalam memperkenalkan industri kepada mahasiswa kami," jelas Prof. Reini di akhir sambutan.