Tim ITB Menang Huawei ICT Competition 2019-2020 Indonesia

By Adi Permana

Editor -

*Dok. Pribadi


BANDUNG, itb.ac.id – Tim A Networking dari Institut Teknologi Bandung (ITB) berhasil memenangkan kompetisi Huawei ICT Competition 2019 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 27-28 November 2019 lalu. Kompetisi tersebut merupakan lomba di bidang pengembangan jaringan komputer.

Babak final tingkat nasional ini diikuti oleh 68 peserta yang berasal dari delapan universitas. Tim A Networking beranggotakan Samuel Christian Coe, Teknik Elektro 2015, Wilson Rustiandy Teknik Telekominikasi 2016, dan Afif Tri Farhan Teknik Telekomunikasi 2017.

Salah satu anggota tim, Wilson Rustiandy saat diwawancara Reporter Humas ITB mengatakan, proses mengikuti lomba tersebut diawali dari seleksi yang diselenggarakan oleh Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB. “Seleksi dijalankan per individu dan dari seleksi tersebut dipilih 3 mahasiswa yang menempati skor tertinggi. Setelah tahap seleksi, dibentuk tim bernama team A networking ini dan dilakukan persiapan selama 2 bulan sesi latihan, dengan latihan per minggu selama 4 jam selama hari Rabu dan Sabtu,” ujarnya.

Persiapan ini langsung dibimbing oleh Rifqy Hakimi, ST., MT., selaku Dosen STEI ITB. Wilson menuturkan, kesulitan yang seringkali dialami mereka selama lomba ialah terkait banyaknya tugas kuliah, berhalangan hadir latihan sehingga harus reschedule jadwal, fokus terbagi karena harus mengejar akademis dan persiapan lomba, dan banyaknya materi yang harus dipelajari secara cepat.

“Mendekati Hari-H, banyak yang materi yang kurang untuk dipelajari, sehingga harus memperpanjang waktu latihan sampai 6 jam karena perkuliahan tidak terlalu padat. “Ini merupakan perlombaan pertama saya di bidang ini,” tambah Wilson.

Dari persiapan lomba yang cukup intensif tersebut, kedua mahasiswa Teknik Telekomunikasi yaitu Wilson dan Afif mengaku familiar dengan bidang yang dikompetisikan, sehingga masih dapat memperlancar mereka untuk mempelajari materi yang dilombakan.

Banyak hal yang diserap oleh ketiga mahasiswa ITB ini dan mereka juga mendapatkan pengalaman berharga dari tim yang solid selama mengikuti perlombaan. Tahapan selanjutnya, Tim A Networking akan bertarung di kancah Asia Pasifik, sehingga harus mempersiapkan diri secara intensif untuk memenangkan perlombaan Huwai ICT Competition ini.

Reporter: Grace Natasya Christiadhi (SBM, 2021)