Berita / Utama

ITB Jadi Tuan Rumah International Joint Conference 2019

Adi Permana - Jumat, 1 November 2019, 17:16:41


BANDUNG, itb.ac.id – Institut Teknologi Bandung bekerjasama dengan Universiti Teknologi MARA, Cawangan Kelantan, Malaysia menggelar International Joint Conference 2019 di Aula Timur ITB, Senin (28/10/2019). ITB ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tersebut.

IJC 2019 menggabungkan dua konferensi utama yakni International Conference on Mathematics, Statistics and Computing Technology (ICMSCT2019) dan International Conference on Governance, Management and Social Innovation (ICGMSI2019) dengan berbagai abstrak yang dikirim dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina dan Sri Lanka.

Adapun, makalah yang diterima mencakup berbagai topik termasuk Matematika Murni dan Terapan, Statistik Terapan, Pendidikan Statistik, Analitik Big Data, Ilmu Komputasi, Tata Kelola Perusahaan, Akuntansi Islam, Pemasaran, Manajemen Halal, Organisasi Perilaku, Kewirausahaan dan Inovasi Sosial. 

"Konferensi multi ini diselenggarakan bersama untuk memberikan kesempatan kepada para peneliti dan praktisi dari industri untuk berbagi temuan penelitian mereka dan membangun berbagai kolaborasi penelitian di tingkat internasional," kata Rektor ITB, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi DEA.



Menurutnya, kegiatan ini akan memberikan nilai tambah bagi peserta untuk bergabung dan berbagi pengalaman mereka dalam konferensi. Pada konferensi ini juga menampilkan pembicara yang diundang dari Malaysia dan Indonesia. Para peserta konferensi ini akan membahas berbagai topik dan masalah seperti matematika, statistik, komputasi teknologi, manajemen, tata kelola dan inovasi social.

Prof. Kadarsah menegaskan bahwa IJC 2019 semata-mata demi pemberdayaan akademik. "Semoga ini akan membawa potensi kolaborasi dengan lebih banyak institusi pendidikan di negara-negara Asia untuk bersatu akademisi dan peneliti di satu platform bergengsi," ungkapnya.

Sebelumya, pelaksanaan IJC pertama telah diprakarsai oleh empat institusi pendidikan yaitu Universitas Kasetsart Thailand, Institut Teknologi Bandung Indonesia, dan Colegio de San Juan de Letran Filipina. Pada kegiatan tersebut, kolaborasi Malaysia, Indonesia, Thailand dan lembaga pendidikan Filipina bertindak sebagai media untuk mengumpulkan para peneliti dan akademisi di bawah atap yang sama untuk bertukar, berbagi, dan menyebarluaskan ide-ide yang paralel dengan tema Membayangkan Masa Depan Bersama. "Diharapkan kolaborasi ini akan terus berlanjut di masa depan," tutup Kadarsah.

*Sumber: Humas SBM ITB