Berita / Utama

Marching ITB Sabet 2 Gelar Juara Bandung Marchingband Championships X 2019

Adi Permana - Rabu, 30 Oktober 2019, 16:37:15 - Diperbaharui : Rabu, 30 - Oktober - 2019, 16:58:47


BANDUNG, itb.ac.id – Tim Marching Band Waditra Ganesha (MBWG) Institut Teknologi Bandung (ITB) menyabet dua gelar juara sekaligus pada rangkaian Kejuaraan Nasional Bandung Marching Band Championship (BMBC) ke-X tahun 2019. Pada kejuaraan yang dilaksanakan pada 10-13 Oktober 2019 tersebut, Tim MBWG ITB meraih Juara 1 untuk kategori Brass Band dan Juara 1 untuk kategori Color Guard. Bertempat di GOR Pajajaran Bandung, tim ini menunjukkan kebolehannya dalam memainkan alat musik, yang merupakan hasil latihan semenjak akhir juni lalu.

M. Aufa Armanda (Teknik Sipil, 2017) selaku pemain baritone Tim MBWG ITB pada kejuaraan ini, menjelaskan bahwa sebelum mengikuti kejuaraan tersebut timnya sudah menjalani latihan intensif. “Tim sudah latihan intensif dari akhir bulan Juni sampai pertengahan Agustus, lalu latihan rutin di tengah masa kuliah sampai hari pelaksanaan BMBC,” ujarnya. Ia menambahkan, sebelum latihan intensif, mereka melakukan standardisasi, yaitu program untuk menyetarakan basic bagi pemain lama dan pemain baru.

Ia juga menjelaskan, dalam persiapan menghadapi kompetisi ini timnya tak jarang menghadapi berbagai kesulitan. Berstatuskan sebagai mahasiswa, manajemen waktu menjadi tantangan tersendiri agar mereka dapat mempersiapkan lomba ini dengan maksimal namun tetap dapat menjalankan kegiatan akademik ataupun kegiatan lainnya dengan baik.

“Cara menanggulanginya adalah menggunakan waktu semaksimal mungkin agar semua tugas kuliah dan kegiatan lainnya terlaksana semua. Kemudian sedikit mengurangi waktu tidur untuk nugas di luar latihan,” jawab Aufa menjelaskan solusi dari tantangan yang dihadapinya.

Saat diwawancarai Reporter Humas ITB, Aufa menjelaskan bahwa perasaannya sangat puas dan bangga, mengingat ada peningkatan prestasi yang diraih MBWG ITB dari tahun ke tahun secara konsisten. Apalagi pada tahun ini menurut Aufa, MBWG ITB mancapai rekor baru dengan meraih skor di atas 80 pada kejuaraan tersebut. Selain itu, pada subkategori penilaian, tim ini juga mendapatkan hasil membanggakan. Tim MBWG ITB meraih peringkat pertama untuk subkategori individual, equipment, dan general effect, serta peringkat kedua untuk subkategori ensemble.

“Harapannya bisa konsisten dalam mempertahankan prestasi, bisa meningkatkan eksistensi MBWG ITB di ranah marching band Indonesia. Selain itu juga harapan saya untuk MBWG ITB kedepannya yaitu semakin banyak anggota baru yang mau bergabung di MBWG, sehingga sumber dayanya lebih banyak dan bisa maju di kompetisi yang lebih besar,” tutup Aufa.

Reporter: Irfan Ibrahim (Teknik Geodesi dan Geomatika, 2016)