Berita / Akademik

Tutup KKN Tematik 2019, ITB Launching Hasil Karya Pengabdian di Ciamis

Adi Permana - Senin, 7 Oktober 2019, 16:35:30

*Foto: Dok. Lembaga Kemahasiswaan ITB


CIAMIS, itb.ac.id – Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 2019 yang diselenggarakan di Desa Buanamekar, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat resmi ditutup pada Sabtu, (5/10/2019). Penutupan tersebut sekaligus launching beberapa produk yang telah dikerjakan oleh mahasiswa ITB selama pelaksanaan KKN Tematik.

KKN Tematik kali ini diikuti 219 mahasiswa ITB yang dilaksanakan dari tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus 2019 atau kurang lebih selama tiga minggu. 

Menurut laporan dari Dr. Sony Suhandono selaku Sekbid Non Kurikuler dan Kemasyarakatan, Lembaga Kemahasiswaan ITB menyampaikan, bahwa kegiatan KKN Tematik kali ini dibagi ke dalam lima tema yaitu pendidikan, pertanian, air, infrastruktur, dan energi. 

Tema di bidang pertanian, mahasiswa melaksanakan program pembuatan pupuk organik, evaluasi terhadap pertanian masyarakat setempat, juga menanam beberapa macam bibit pertanian. Tema air, di mana mahasiswa melaksanakan program pembuatan transmisi sebagai media penyaluran air bersih yang lebih efisien untuk masyarakat. 

Kemudian tema yang ketiga di bidang infrastruktur, para peserta KKN Tematik dalam hal ini melaksanakan program membangun empat fasilitas MCK di lokasi yang sudah ditentukan.

“Kemudian di dalam bidang pendidikan, mahasiswa melakukan pengayaan terhadap guru dan murid baik di tingkat SD sampai SMA, juga membuat perpustakaan desa,” tambahnya. Selanjutnya, ialah program di bidang energi, di mana para mahasiswa telah membangun 63 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) di Desa Buanamekar.

"Semoga program-program yang telah dijalankan tersebut dapat berguna bagi masyarakat sekitar," harapnya.

Kepala Desa Buanamekar, Ade menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mahasiswa ITB yang telah berinovasi dan berkreasi di Desa Buanamekar. Ia menyampaikan bahwa desa tersebut memiliki luas 615 hekatare dengan jumlah penduduk sebanyak 3.865 jiwa. Selain itu, mayoritas masyarakat di sana adalah para petani.

“Harapan kami di sini semoga dengan adanya launching kegiatan ITB menjadi tolak ukur untuk kegiatan kami kedepannya, dan ada kerjasama yang lebih bermanfaat lagi bagi desa kami,” ujarnya.

Mewakili Rektor ITB, Prof. Bermawi Priyatna Iskandar selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan ITB di Jawa Barat. Menurutnya, dalam setiap penyelenggaraan KKN, ITB selalu membangun fasilitas umum untuk warga.

“Kami selalu menyediakan anggaran, memang tidak besar, dari dana tersebut kami pilih infrastruktur atau fasilitas apa yang dibutuhkan di lokasi KKN,” ujarnya menyampaikan sambutan. Dia menambahkan, bahwa KKN kali ini juga menyertakan sponsor untuk menambah pendanaan kegiatan KKN Tematik ITB.

*Foto: Dok. Lembaga Kemahasiswaan ITB

Disampaikan Prof. Bermawi, selain dalam rangka memberikan manfaat kepada masyarakat setempat, kegiatan KKN Tematik juga akan bermanfaat bagi mahasiswa ITB tersendiri karena mereka memiliki pengalaman dalam membangun desa dan berinteraksi dengan masyarakat secara langsung. 

"Tentu banyak kesan yang didapat dan pelajaran yang bisa ambil bagi mahasiswa saat pelaksaan KKN Tematik, yang tentu saja akan berguna bagi mahasiswa ITB dalam membangun karirnya di masa depan," katanya.

Dia berpesan, beberapa fasilitas yang telah dibangun oleh mahasiswa KKN ITB mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi warga Desa dan mohon dipelihara serta dijaga agar manfaatnya bisa terus dirasakan warga Desa Buanamekar. 

“Terima kasih kepada warga yang telah menerima dan memberikan pelajaran dalam membangun karakter mereka di masa depan. Terima kasih atas nama ITB dan permohonan maaf bila ada yang kurang berkenan,” pungkasnya.