Berita / Utama

Gathering dan Apresiasi Mitra Beasiswa ITB 2019, “We Care We Share”

Adi Permana - Rabu, 8 Mei 2019, 13:45:41 - Diperbaharui : Jumat, 10 - Mei - 2019, 15:07:56

*Foto:Lembaga Kemahasiswaan ITB

BANDUNG, itb.ac.id – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Lembaga Kemahasiswaan Institut Teknologi Bandung (LK-ITB) mengadakan kegiatan Gathering & Appresiasi Mitra Beasiswa ITB 2019 yang bertajuk “we care we share” di Aula Barat Kampus ITB Jalan Ganesha No. 10 Bandung, Kamis (2/5/2019). Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, Wakil Bupati Kabupaten Bandung, H. Gun Gun Gunawan, S.Si., M.Si., serta Ketua LK ITB, Dr.Eng. Sandro Mihradi.


Kegiatan gathering ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh LK ITB. Ketua Pelaksana Kegiatan, Dr. Very Susanto, ST., MT., menyampaikan tujuan kegiatan adalah sebagai bentuk apresiasi terhadap mitra beasiswa yang menunjang biaya pendidikan dan berbagai bantuan dalam bentuk lain kepada mahasiswa S1 ITB. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan mitra beasiswa pemerintah, perwakilan mitra beasiswa non pemerintah, perwakilan donatur, serta perwakilan Fakultas/Sekolah di ITB.

Rektor ITB Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa ITB tidak pernah memberhentikan studi mahasiswanya karena alasan ekonomi. Oleh karenanya, mitra beasiswa menjadi penting dan dapat menjalin komunikasi melalui LK ITB mengenai tawaran beasiswa untuk mahasiswa. Penawaran tersebut kemudian akan dikelola melalui prosedur-prosedur tertentu. 

Data dari LK ITB menyebutkan, di tahun 2018 sebanyak 10.301 mahasiswa S1 menerima beasiswa, atau sebanyak 62% dari total mahasiswa S1 ITB. Sumber beasiswa yang diberikan yakni dari pemerintah, non pemerintah, serta dari ITB yang mana dalam bentuk subsidi UKT dan voucher makan. Hal ini membuktikan bahwa ITB memberikan fasilitas dan kesempatan bagi mahasiswanya untuk menjalani studi tanpa merasa khawatir akan beban ekonomi. Dana sebesar 150 miliar rupiah dikeluarkan untuk beasiswa dari tahun 2005 hingga 2018.

“Saya merasa sangat bersyukur dan beruntung telah diberi kesempatan menerima uluran tangan dari mitra beasiswa. Sebagai bentuk terima kasih, saya berkomitmen untuk mengembangkan diri sebaik mungkin serta akan memanfaatkan beasiswa secara luar biasa,” tutur Irfan Naufal, seorang penerima Beasiswa Perintis.

Pada kegiatan gathering juga ditampilkan video testimoni beasiswa dari beswan serta prestasi-prestasi yang telah diraih mahasiswa ITB. Seorang beswan lain menyampaikan bahwa beasiswa yang diterimanya meningkatkan motivasi dalam belajar dan berkarya. 

Harapannya, kegiatan gathering dan apresiasi ini dapat meningkatkan hubungan yang terjalin antara mitra beasiswa dengan ITB. Sementara itu, beasiswa yang diberikan para mitra beasiswa dan donatur diharapkan akan berperan dalam menunjang pendidikan mahasiswa, serta memutus rantai kemiskinan dalam masyarakat. Sehingga dapat mewujudkan salah satu tujuan negara, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.

Reporter: Annisa Nur Diana (Teknik Lingkungan 2018)