Berita / Institusi

Refleksi Semangat Pahlawan di Hari Pahlawan 10 November

Adi Permana - Senin, 12 November 2018, 14:17:52


BANDUNG, itb.ac.id -- Peringatan Hari Pahlawan Nasional menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi. Sampai seberapa jauh setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan, melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi mencapai NKRI yang sejahtera, adil dan makmur.

Semangat tersebut disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof. Ir. Bermawi P Iskandar, M.Sc., Ph.D., dalam upacara peringatan Hari Pahlawan yang digelar Institut Teknologi Bandung di Halaman Gedung Rektorat ITB, Jalan Tamansari no 64 Bandung, Senin (12/11/2018). 

Dalam upacara bendera yang diikuti segenap Civitas Academica ITB itu, Prof. Bermawi bertindak sebagai pembina upacara dan menyampaikan amanat sambutan dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita. Tema Hari Pahlawan Tahun 2018 adalah Semangat Pahlawan di Dadaku mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan.



"Oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga Indonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara," ucapnya.

Prof. Bermawi menyampaikan, bangsa Indonesia saat ini memerlukan pahlawan baru, sosok yang berdedikasi dan berprestasi pada bidangnya untuk memajukan negeri. Sosok yang dimaksud tersebut adalah pemuda sebagai generasi penerus yang punya jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter, menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidangnya.

"Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial," ujarnya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan tersebut berlangsung khidmat dengan rangkaian acara, prosesi mengheningkan cipta selama 60 detik, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.


Sementara itu, melalui momen Hari Pahlawan kali ini, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni dan Komunikasi ITB Dr. Miming Miharja ST,M.Sc.Eng., mengajak semua pihak untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa. 

"Di Hari Pahlawan ini, sudah menjadi kewajiban kita untuk menghargai sangat tinggi warisan kemerdekaan dari para pahlawan kusuma bangsa melalui semangat belajar dan berkarya demi kejayaan Bangsa Indonesia," pesannya.