Berita / Alumni

Alumni ITB '75 Serahkan Donasi Dana Lestari Tahap Pertama Sebesar 400 Juta Rupiah

Adi Permana - Jumat, 26 Oktober 2018, 19:10:38 - Diperbaharui : Jumat, 26 - Oktober - 2018, 20:45:12
BANDUNG, itb.ac.id - ITB Ultra Marathon sukses digelar untuk kedua kalinya pada tanggal 12-14 Oktober 2018. Selain sebagai acara olah raga dan reuni lintas angkatan, acara ini juga untuk kegiatan menggalang dana.



Membawa tema Tribute to ITB, masing-masing tim lari marathon berlomba mengumpulkan dana dengan tujuannya masing-masing. Dana yang terkumpul ada yang ditujukan untuk beasiswa, ada yang untuk menyokong kegiatan tim ITB peduli bencana, dan ada pula yang didonasikan untuk dana lestari ITB sesuai kerelaannya masing-masing.

Donasi dana lestari dimulai dari nominal terkecil 100 ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah ini didapat dari crowd fund di kegiatan ITB Ultra Marathon. Dua hari setelah berlangsungnya kegiatan ITB Ultra Marathon, alumni ITB angkatan 75 melakukan transfer 400 juta rupiah ke account Dana Lestari ITB. 

“ITB75 telah bersama-sama mendonasikan ke Dana Lestari ITB sebesar 400 juta rupiah. Itu baru sebagian, karena mereka masih terus bekerja mengumpulkan dana sampai dengan 14 November 2018 nanti. Saya yakin, dana ini tidak hanya berasal dari 1-2 orang alumni, tapi mungkin puluhan atau ratusan alumni ITB75,” kata Gadjahmada, alumni ITB 84.


Kamis, 25/10/2018, Yani Panigoro ITB anggota kehormatan MWA ITB bersama beberapa orang alumni ITB ’75, Lusi Indomo, Isnu, Ramles, Retty, dan Bambang Wahyudi secara simbolik menyerahkan donasi Dana Lestari senilai 400 juta rupiah ke Rektor ITB di Ruang VIP Gedung Rektorat ITB Jalan Tamansari, Bandung. Selanjutnya dana tersebut dikelola oleh Badan Pengelola Usaha Dan Dana Lestari (BPUDL-ITB). Prof. Komang Anggayana, Ketua BPUDL-ITB mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas donasi tersebut. 

“Kami juga merasa bahwa lambat laun telah tumbuh kesadaran dan kepercayaan yang tinggi dari para alumni ITB. Sebuah kesadaran yang dimiliki semakin banyak jumlah alumninya untuk mengembalikan sebagian rejekinya kepada institusi pendidikan yang telah membesarkannya,” ujar Gadjah dikutip dari status laman fb-nya. Saat ini total ada sekitar 120 Milyar Rupiah dana lestari yang dikelola BPUDL-ITB.  

“Secara bertahap, Dana Lestari ITB akan didukung oleh seluruh alumni ITB secara gotong royong,” kata Yani Panigoro yang selalu terlihat bersemangat mendorong alumni ITB lintas angkatan dalam mengembangkan almamaternya lewat berbagai cara. Beliau pun mengaku salut atas donasi yang diberikan ITB 75.