Berita / MoU

Tingkatkan Program Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kaur Gandeng ITB

Fivien Nur Savitri, ST, MT - Kamis, 25 Januari 2018, 17:57:46 - Diperbaharui : Kamis, 25 - Januari - 2018, 18:15:50


BANDUNG, itb.ac.id - Kamis (25/1/2018), Bupati Pemerintah Kabupaten Kaur, Gusril Pausi, bersama jajarannya berkunjung ke Institut Teknologi Bandung (ITB). Kedatangan Bupati Kaur ini untuk menjalin kesepahaman bersama dan menjajaki kerjasama dengan ITB di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, perumusan kebijakan dan pengelolaan pembangunan. 

Kehadiran Bupati Kaur tentunya tidak sendiri, beliau didampingi oleh kepala dinas pendidikan, kepala dispora, kepala bappeda, kepala humas dan protokoler, kasubdit beserta staff. Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi juga hadir bersama jajarannya untuk menyambut, menandatangani dan menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman antara ITB dengan pemerintah Kabupaten Kaur. Acara penandatanganan nota kesepahaman ini berlangsung di Ruang Rapim A, jalan Tamansari Bandung.

Pada acara ini Gusril sedikit bercerita tentang anak-anak di Kabupaten Kaur yang beberapa diantaranya sudah melanjutkan sekolah tinggi tidak hanya di Indonesia namun juga di luar negeri, seperti Jerman, Amerika dan Inggris. “Bahkan nilai anak-anak kami di kabupaten Kaur sudah sangat baik bahkan ada yang cumlaude”, tutur Gusril.

Lebih lanjut Gusril menjelaskan tentang letak geografi Kabupaten Kaur. Kaur merupakan kabupaten di Provinsi Bengkulu yang masyarakatnya hidup dari sektor pertanian, perdagangan, perkebunan, dan perikanan. Dalam kesempatan ini pula, Gusril juga bercerita tentang pariwisata dan kuliner Kabupaten Kaur.  “Tentunya ini merupakan sebuah kebanggaan bahwa kami dapat bisa menjalin kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung”, ujar Gusril. Dirinya yakin dengan menjalin kerjasama dengan ITB, program pariwisata Kabupaten Kaur akan makin dikenal oleh masyarakat.

Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi, yang sedari awal sudah menyambut baik kedatangan bupati Kaur beserta jajarannya, menegaskan bahwa ITB tidak hanya untuk ITB, namun untuk bangsa dan negara termasuk Kabupaten Kaur.  ITB memiliki 22 Pusat, 7 Pusat Penelitian dan 102 Kelolmpok Keahlian. Salah satu diantaranya adalah Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan yang diketuai oleh Dr. Budi Faisal dari Kelompok Keahlian Perancangan Arsitektur Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK-ITB).

“Saya kira ITB punya komitmen yang mendalam untuk memajukan semua yang ada di Indonesia, apalagi Pak Bupati dari jauh, suatu penghargaan buat Pak Bupati dari kami semua, karena tentunya ini perjalanan panjang. InshaAllah apa yang kita kerjasamakan, yang Pak Bupati sampaikan mudah-mudahan di ridhoi Allah SWT dan ITB siap untuk mendukungnya”, tutup Kadarsah.

Dengan ditandatanganinya kesepahaman bersama ini, maka pemerintah kabupaten Kaur dengan ITB telah resmi menjalin kerjasama. Semoga kerjasama yang terjalin dapat berjalan lancar dan masing-masing pihak dapat mencapai tujuannya.