Berita / Utama

Pameran Karya Mahasiswa FTMD : Latih Mahasiswa Merancang, Membuat, dan Promosikan Produk

Fauziah Maulani - Rabu, 6 Desember 2017, 15:52:13

BANDUNG,itb.ac.id – Fakultas Teknik Mesin Dirgantara (FTMD) selenggarakan Pameran Produk dan Poster Hasil Karya Mahasiswa FTMD 2014 pada Senin (4/12/17) di Aula Barat ITB. Pameran keempat yang rutin digelar tiap tahun ini bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perancangan I dan Perancangan II untuk memamerkan hasil perancangan yang telah dibuat.

Tujuan lain pameran yaitu melatih mahasiswa untuk dapat mempromosikan produk dan menjual apa yang dihasilkan. Selain itu, untuk memberikan pengalaman bagaimana menerjemahkan suatu ide hingga produk jadi dan sebagai wahana mengintegrasikan beberapa mata kuliah yang sudah dipelajari.

Terdapat  46 kelompok Teknik Mesin, 6 kelompok Mekatronika, 1 kelompok Teknik Material, 16 kelompok Penerbangan, 4 kelompok Kompetisi Robot Terbang Indonesia (KRTI), dan 3 kelompok International Student Joint Capstone Design Project (I-CAPS). Beberapa topik yang diambil adalah peralatan paskapanen, alat bantu kesehatan, olahraga, rumahtangga, dan topik-topik khusus yang telah disetujui dosen pembimbing.

Salah satu produk yang dipamerkan ialah model mesin pemilah buah berdasarkan massa.“Biasanya buah dari kebun ukurannya bervariasi, sehingga digunakan sensor road shell berdasarkan massa buah untuk memilahnya. Aplikasinya biasanya digunakan pada supermarket agar ukuran buah tidak terlalu bervariasi,” ungkap Tutla Ayatullah (Teknik Mesin 2014).


Aplikasi Mata Kuliah Perancangan

Perancangan I dititikberatkan pada mengolah, mencari ide, problem di masyarakat beserta solusinya, sampai keluar gambar, kemudian layout, dan pemilihan kemungkinan alternatif solusi terbaik. Hasil akhir dari Perancangan I adalah gambar teknik. Pada Perancangan II mahasiswa berlatih untuk mewujudkan produknya menjadi bentuk fisik berdasarkan gambar yang dihasilkan sebelumnya. Dalam melengkapi produk yang dihasilkan, mahasiswa juga diharuskan membuat poster dari produknya.

Sekitar 150 mahasiswa yang terbagi ke dalam 50 kelompok diberi coaching oleh 11 dosen pembimbing. Learning outcome dari mata kuliah ini diberi nilai 3,7/4 oleh ASIIN.

“Pada saat mendesain, desain produk dianggap sukses apabila produk dapat dibuat, laku dijual, dan menguntungkan,” tutur Dr.Ir. I Wayan Suweca DEA sebagai Koordinator matakuliah Perancangan I dan Perancangan II.

Dua minggu sebelum pameran, uji fungsional dites oleh tim khusus yang melakukan seleksi dengan kriteria utama berfungsi dan aman dioperasikan ditempat yang ramai.

Kedepannya mahasiswa juga akan diarahkan untuk mengikuti PKM serta topik akan dikembangkan secara terbuka baik permasalahan di dalam kampus, di luar kampus, di Jawa Barat, ataupun di Indonesia.

“Untuk mahasiswa khususnya Teknik Mesin 2015 yang akan mengambil matakuliah Perancangan I dan Perancangan II tahun depan, anda memiliki kesempatan untuk menunjukkan karya anda dan silakan persiapkan diri sedini mungkin dengan mencari topik yang in di masyarakat dan jadikan matakuliah perancangan I dan II sebagai wahana untuk menimba pengalaman dalam merancang dan membuat suatu produk, berbagai tantangan harus dihadapi dan dirasakan. Terimakasih juga kepada dosen pembimbing dan semua pihak yang mendukung keberlangsungan acara ini,” tutup Dr. Wayan.