Berita / Utama

25 Mahasiswa ITB Terima Beasiswa Bakti BCA 2017

Cintya Nursyifa - Kamis, 30 November 2017, 15:48:29

Bandung, itb.ac.id – Pendidikan merupakan investasi dari generasi ke generasi terutama di Indonesia. Kemauan keras anak-anak Indonesia akan menuntut ilmu seringkali terbentur hambatan finansial. Sebagai Insitusi pendidikan yang mengutamakan kemudahan akses dalam menuntut ilmu, ITB memberikan sarana untuk menindaklanjuti isu ini. ITB melalui Lembaga Kemahasiswaan memfasilitasi hubungan antara pihak pemberi beasiswa dan mahasiswa sebagai langkah meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Salah satu beasiswa yang rutin diterima mahasiswa ITB tiap tahun adalah beasiswa Bakti BCA 2017. Sama seperti tahun sebelumnya, jumlah mahasiswa ITB penerima beasiswa ini berjumlah 25 orang yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan. Penyerahan beasiswa ini secara simbolis dan resmi dilaksanakan bersamaan pelaksanaan Studium Generale pada hari Rabu (29/11/17) yang bertempat di Aula Barat.


Adapun mekanisme penyaluran beasiswa ini oleh LK dimulai dengan pemuatan pengumuman pembukaan pendaftaran beasiswa. LK berperan sebagai lembaga penyeleksi mahasiswa yang memenuhi syarat. Mahasiswa yang lolos seleksi selanjutnya mengisi formulir untuk disampaikan ke pihak pemberi beasiswa. Mahasiswa yang memenuhi persyaratan seleksi dari pemberi beasiswa selanjutnya akan diberi bantuan. Beasiswa Bakti BCA 2017 ini khususnya memberikan bantuan uang kuliah dan biaya hidup serta fasilitas pelatihan.

Mayda selaku Kasie Layanan Beasiswa Non Pemerintah (LK) menyampaikan bahwa, “beasiswa ini dapat disalurkan kepada mahasiswa/mahasiswi yang betul-betul memerlukan bantuan dan penerima beasiswa mendapat manfaat lebih selain bantuan. Misalnya dgn mengikuti pelatihan yg dberikan, dapat pengetahuan baru. Sebagai penutup, Mayda mengutarakan sebuah harapan kepada pihak BCA agar dapat memberikan pelatihan yang tepat bagi mahasiswa penerima beasiswa dan bisa menambah jumlah penerima beasiswa.”

“Terima kasih sekali tentunya pada ITB yang senantiasa mencari pemberi beasiswa dan menjalin hubungan baik dengan para pemberi beasiswa. ITB selalu membantu mahasiswanya yang membutuhkan bantuan dengan memberikan beasiswa yang sesuai pada mahasiswanya,” tutur Mandy Karina Vanessa (Farmasi Klinik dan Komunitas 2014). Selain itu, Ahmad (Teknik Pertambangan 2015) berharap agar beasiswa ini bisa menjadi motivasi untuknya dalam hal akademik.