Berita / Utama

ITB Insight 2017 : Gelorakan Semangat Membumikan Teknologi

Hanafi Kusumayudha - Senin, 13 November 2017, 14:25:47

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai institusi pendidikan tinggi yang bergerak dalam bidang teknologi, lagi-lagi ITB menunjukkan perhatiannya untuk menyebarluaskan manfaat teknologi. Melalui Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika Teknik (HMFT) ITB, mahasiswa ITB menggelar acara ITB Insight Festival 2017 pada Sabtu (11/11/2017). Bertempat di Kampus Ganesha, ITB Insight Festival 2017 mengangkat tema “Inventing Life Through Technology : How Engineering Physics Pioneers the Advanced Technology.” ITB Insight Festival merupakan puncak dari rangkaian acara ITB Insight 2017, yang sebelumnya sudah diselenggarakan pula Insight Movement, Insight Challenge, dan Inspirates.                                                    

Pendidikan Teknologi untuk Anak-anak

Rasa penasaran merupakan anugerah bagi seorang ilmuwan, kelak dari sana akan berkembang ilmu pengetahuan. Ini merupakan suatu keistimewaan yang biasanya dimiliki oleh anak-anak, dan sudah selayaknya difasilitasi terutama di bidang teknologi. Dalam rangkaian acara ITB Insight 2017, mahasiswa Teknik Fisika ITB ingin menjawab rasa penasaran anak-anak tersebut terhadap kemajuan teknologi melalui Insight Challenge dan Inspirates. Insight Challenge merupakan wadah bagi generasi muda agar lebih bersemangat mempelajari dan mendalami ilmu sains dan teknologi. Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan April – Agustus 2017 ini dibagi menjadi dua mata lomba. Pertama, Science Laboratory Project untuk anak SD dan SMP, dan kedua Technovation Project untuk siswa SMA/SMK. Tak lupa, mahasiswa Teknik Fisika ITB juga melakukan roadshow kelas sains ke beberapa SD dan SMP di Kota Bandung dalam acara Inspirates pada Senin-Selasa (02-10/10/2017). Selain itu, dalam ITB Insight Festival 2017 juga disediakan area Education of Technology di area parkir Labtek V ITB. Disini anak-anak bisa mencoba beberapa wahana teknologi seperti planetarium dan demonstrasi percobaan sederhana sains yang interaktif. Selanjutnya, anak-anak SMP juga bisa mengikuti workshop robotik dengan bahasa pemrograman Blocky Tronz Card.


Meriahnya Festival dan Pameran Teknologi


ITB Insight Festival 2017 menghadirkan bermacam-macam wahana interaktif yang bisa memanjakan pengunjung, contohnya yaitu Labyrinth of Technology. Bertempat di basement CC Timur ITB, pengunjung akan ditantang adrenalinnya untuk menyelesaikan berbagai misi yang ada melalui permainan di setiap bilik-bilik pos labirin. Tentu saja pemenangnya adalah regu yang berhasil menyelesaikan permainan dengan waktu tercepat. Selain itu, ada juga permainan di zona akustik, seperti soundscape, pipa organa, dan The Giant Piano. Tak berhenti sampai disitu, di area parkir planologi juga disuguhkan wahana tornado simulator, meriam angin, dan Thor’s Hammer. Dalam Thor’s Hammer, pengunjung akan diminta mengangkat sebuah palu layaknya palu milik Thor. Dengan sarung tangan yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik, barulah palu tersebut bisa terangkat. Ajaib bukan?

Wahana lain yang tampak ramai disesaki pengunjung adalah pada Light Festival di basement CC Barat. Dengan kondisi ruangan yang gelap, mata pengunjung seolah-olah disihir dengan gemerlap cahaya yang memukau sepanjang ruangan. Dari lorong tampak hiasan lampu berbentuk segi enam yang begitu indah untuk dideskripsikan. Tak ayal, banyak pengunjung yang mengabadikan momen langka ini dengan foto sendiri maupun bersama kawan. Tak berhenti sampai disitu, pesona Light Festival juga dapat dinikmati melalui beberapa wahana menarik yang telah disuguhkan. Contohnya Equalizer, Motion LED, Interactive Floor, Strobe Light, dan Infinity Mirror. Selain wahana permainan, pengunjung juga bisa menikmati pameran karya teknologi dari mahasiswa ITB, siswa SMA pemenang Lomba Insight Challenge, dan perusahaan teknologi lainnya.


Kolaborasi Teknologi dalam Seni Pertunjukan


Puncak acara ITB Insight Festival ditutup dengan mata acara Techshow, berupa pertunjukan dari berbagai performers yang tampil di panggung utama lapangan CC Timur. Alunan musik yang dimainkan performers dari siang hari menemani pengunjung menikmati sajian wahana ITB Insight Festival 2017. Menjelang petang, sorotan warna-warni lighting makin memeriahkan puncak acara. Penampilan memukau dari Laserman Indonesia dan Urban Jedi juga mewarnai panggung utama dengan pertunjukan laser dan light sabernya. Akhirnya, tiba saatnya persembahan final dari ITB Insight 2017, berupa seni video mapping yang ditampilkan pada layar. Pendidikan, seni, dan teknologi dapat berkolaborasi dengan harmoni dalam rangkaian acara ITB Insight 2017, meninggalkan kenangan manis dan semangat membumikan teknologi untuk masyarakat Indonesia. 


Sumber Gambar : Dokumentasi Panitia ITB Insight 2017